Langsung ke konten utama

Menghalau Nalar Eskapisme




Woks

Beragama itu harus menggunakan akal tidak hanya fungsi batin saja. Dengan akal seseorang bisa berpikir jernih kritis dan ilmiah. Kendati agama dipenuhi dogma akan tetapi lewat akal lah, Allah sengaja membuatnya berfungsi untuk menalar. Akal adalah salah satu perangkat canggih setelah hati agar manusia berpikir realistis. Dalam hal ibadah pun demikian ada sisi di mana hati berfungsi ada sisi di mana akal dimatikan.

Kita sangat paham bahwa tugas seorang hamba adalah beribadah kepadaNya. Tapi kita juga harus paham bahwa ibadah sangat banyak variannya. Tidak bisa semua ibadah disamakan maka dari itu secara garis besar ada ibadah mahdah dan ghairu mahdah. Masalahnya kadang kita terlalu fokus dengan ibadah mahdah yang bernilai ukhrawi padahal ibadah ghairu mahdah seperti kerja mencari nafkah, peras keringat banting tulang yang dianggap duniawi juga bernilai ukhrawi.

Kadang kita memang berpikir tidak adil dengan dalih agama dan corak keakhiratan. Nilai itulah yang disebut nalar eskapisme yaitu berpikir terlalu mementingkan akhirat atau agama sebagai pelarian, dalam bahasa Marx agama sebagai pereda rasa sakit. Kita tahu akhirat hal yang penting karena ia adalah tempat kembali. Akan tetapi berpikir demikian pun harus disertai nalar logis jernih. Tidak asal sekadar berpikir sedang abai terhadap hak dan kewajiban lainnya. Bukankah ad dunya majraatul akhirah atau dunia itu tempat menanam dan akhirat tempat memanen.

Al Qur'an (28:77) menegaskan bahwa walaupun tujuan hidup harus diarahkan ke alam kelanggengan (akhirat), namun setiap Muslim tidak boleh melupakan urusan dunianya. (Simuh, 25). Islam memerintahkan Muslim untuk bekerja keras sebagaimana kenikmatan dunia adalah hak yang harus diperjuangkan. Selama menggunakan cara yang baik dan fastabiqul khairat Islam tidak mengharamkan kedudukan itu bahkan inti ajaran Islam terletak pada iman dan amal shaleh. Jadi dalam agama misalnya bertasawuf itu juga tidak murni harus khusyuk dalam dzikir terus menerus. Ada hal duniawi lainnya yang juga harus dilakukan dalam istilah Jawa, "Ora obah ora mamah".

Nabi Muhammad SAW pernah menegur pada sahabat yang melakukan laku hidup tapa brata, berpuasa, dan salat terus menerus siang malam. Beliau menegaskan pula lewat surah al Ashr bahwa inti ajaran Islam adalah iman dan amal shaleh bukan menyepi dan berdzikir umak-umik dengan memutar tasbih. Nabi bahkan mencontohkan dengan memimpin masyarakat, berjihad, aktif menyatukan dan membangun Madinah. (Simuh, 27).

Apa yang tertera dalam al Qur'an dan ditegaskan oleh Kanjeng Rasul sudah jelas bahwa fungsi keberagaman lewat akal pun tak kalah pentingnya. Jadi jangan sampai mempolitisasi kepentingan akhirat yang ternyata untuk kepentingan dunia. Bisa jadi hal itu adalah dalil agar ulama juga berminat untuk terjun ke politik. Tujuannya sederhana bahwa ibadah bisa dilakukan dengan cara apapun. Bahkan bertafakur lebih baik daripada seribu shalat sunnah. KH. Yahya C Staquf bahkan tegas bahwa ulama tidak boleh lari dari tanggungjawabnya. Ulama harus turun menjawab setiap tantangan zaman. (Disampaikan saat halaqah fikih peradaban di Krapyak Yogyakarta). Bahkan Gus Dur lebih tegas lagi bahwa ulama akan dikutuk jika tidak mau tahu urusan di luar ibadah ritual dalam hal ini problem sosial.

Inilah pentingnya peran akal dalam beragama. Setelah itu sebelum ilmu maka akhlak yang harus dibangun. Basis akhlak adalah hal utama karena menurut KH. Said Aqil Siradj krisis akhlak dan budaya jauh lebih bahaya daripada krisis ekonomi. Dengan begitu soal urusan agama, dunia pun tak kalah pentingnya. Biasanya orang yang memiliki nalar eskapisme justru berpikir dogmatis, kehilangan nalar dan selalu menyandarkan diri pada Tuhan, dalihnya adalah "lillahi ta'ala". Seharusnya sandaran pada Tuhan juga harus diimbangi dengan ikhtiar. Kata Syaikhuna KH. Maemun Zubair salah satu yang merusak dunia adalah manusia yang tak memiliki keinginan, semugih والجده.

Orang-orang dengan corak eskapisme justru selalu berpikir tidak rasional karena anggapan semua akan diselesaikan oleh Allah. Tuhan justru terimajinasikan seperti ibu peri dengan tongkat ajaibnya. Maka dari itu dalam bahasa Taufiqurrahman kehilangan sikap berpikir ilmiah. Contoh paling nyata ketika pandemi melanda banyak orang yang berpikir agama tapi kehilangan daya kritis. Padahal dalam agama sudah jelas harus berdasar ilmu bukan nafsu. Hal ini yang menjadi sebab mengapa Islam mengalami kemunduran? karena umat Muslim sendiri kehilangan tonggak dalam peradabannya. Peradaban di sini adalah usaha untuk belajar, riset dan ijtihad. Hal itu pula percis fenomena di medsos bahwa setiap orang merasa paling suci dalam agama. Akibatnya orang ketika malas membaca akan sangat bergairah dalam berkomentar.[]

the woks institute l rumah peradaban 12/10/22

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...