Langsung ke konten utama

Kiai dan Santri Nakalnya

               (Sumber foto: Yukepo.com)

Woks

Kita tentu pernah mendengar bahwa pesantren adalah bengkel tempat orang diperbaiki ilmu dan akhlaknya. Pesantren juga ibarat tukang servis yang memperbaiki alat-alat elektronik yang rusak. Pernyataan itu memang tidak sepenuhnya salah. Memang selama ini salah satu fungsi pesantren adalah membina karakter santri menjadi manusia yang seutuhnya. Terlepas dari rekam jejaknya seperti apa. Inilah keunikan pesantren dengan lembaga pendidikan lainya.

Tapi tidak semua pesantren memberlakukan pondoknya laiknya rumah sakit yang menerima segala macam pasien atau santri. Melainkan pesantren tersebut memiliki spesialisasinya tersendiri seperti khusus quran, kitab, enterpreneur, agrobisnis, hingga teknologi. Jadi tidak semua pesantren bisa menerima santri dengan berbagai kalangan lebih lagi santri yang punya track record nakal.

Tidak hanya di pesantren, di manapun tempatnya anak nakal itu pasti ada. Sebab tanpa mereka kehidupan kita tidak berwarna. Anak nakal tidak sepenuhnya salah mereka hanya perlu perlakuan khusus, pun termasuk ketika berada di pesantren. Dalam bahasa pesantren anak nakal sering diistilahkan santri mbeling, ndugal, mblaong dan istilah lokal lainya. Bagaimanapun keadaan santri toh pada akhirnya saat hidayah menghampirinya mereka akan tersadar dengan sendirinya. Bahkan perkara keinsyafan kita tidak pernah tahu. Sering juga kita merasa bingung mengapa Sayyidina Umar bin Khattab orang yang paling kaku, keras dan ditakuti di tanah Arab itu mendadak takluk dengan kelembutan Islam jika bukan karena hidayah Allah. Di sinilah pentingnya kita berkhusnudzan entah tiba waktunya semua bisa saja berubah.

Seperti yang ditulis di laman Tirto.id bahwa ada banyak kisah kiai dan santri nakalnya. Bagaimana kiai tersebut memperlakukan santri nakal tersebut agar menjadi santri seutuhnya. Banyak kisahnya bisa kita temui di sana di antaranya kisah KH Ahmad Umar Abdul Mannan yang meminta nama-nama santri nakal kepada pengurus. Suatu saat pengurus heran mengapa belum ada tindakan kiai terhadap daftar santri nakal tersebut. Ternyata usut punya usut sang kiai hanya melakukan riyadhoh malam untuk mendoakan santri tersebut. Hingga akhirnya si pengurus paham bahwa kiainya melakukan kepasrahan kepada Allah agar bisa membuka pintu hati santrinya itu.

Lelaku semacam itu juga di lakukan oleh KH Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Beliau sering memanggil santri nakal untuk diajak makan ke ndalemnya atau bahkan sesekali diajak jalan-jalan menggunakan sepada motor. KH Baidowi Syansuri juga demikian selalu mengutamakan santri nakal agar mereka insyaf atas perbuatanya, bukan malah dicampakan. Justru pesantren malah merawat mereka agar kembali ke jalan yang lurus.

Saya pun pernah menyaksikan KH Hafidz Baehaqi saat beliau masih sugeng dan menjabat sebagai Rais Syuriah MWC NU Haurgeulis serta sebagai pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Jannah Manggungan. Saya menyaksikan beliau selalu memanggil santri nakal untuk sekadar memijit beliau, disuruh membelikan sesuatu, bahkan sesekali beliau memberi uang untuk santri tersebut memotong rambut atau membeli kopiah. Cara itulah yang beliau lakukan agar santri nakal tidak kabur atau lari. Dengan cara demikian santri nakal diharapkan bisa sungkan dengan kiainya dan seolah diistimewakan sehingga lambat laun hatinya luluh dan lembut. Urusan perubahan kelakuan itu seiring berjalanya waktu. Pastilah seorang kiai akan menyerahkanya kepada Allah swt.

Sebenarnya apa yang dilakukan para kiai tersebut merupakan metode konseling. Sang kiai sebagai konselor mendekati kliennya sesuai dengan problemnya. Beliau-beliau dengan intuisinya menggerakan mereka untuk mau bicara dan harapan besarnya dapat merubah sikap. Pendekatan tersebut dirasa ampuh sebagai upaya seseorang melihat bahwa mereka pun sama dengan yang lain. Seperti yang telah dijelaskan bahwa kita hanya perlu penanganan yang tepat.

Mari mengingat wali nyeleneh KH Hammim Tohari Djazuli atau Gus Miek bahwa memperbaiki anak istri dengan lisan, kata-kata dan nasihat itu sudah bukan musimnya. Yang musim itu dengan getaran bathiniyyah yaitu dengan cara mengiriminya al fatihah satu persatu. Insyaallah karena sinar fatihah bisa terbuka hatinya. Cara itulah yang diharapkan bisa menembus dhohir wa batinan kepada santri nakal tersebut.

Yang perlu diingat pula sebenarnya istilah nakal itu tidak ada. Istilah itu diadakan karena untuk membedakan tentang sikap seseorang yang berbeda dengan orang lain. Tentu jika ada pun kenakalan mereka bisa ditinjau dari berbagai sisi. Biasanya kenakalan itu bukan murni dari dalam dirinya, bisa jadi karena lingkungan, tempat permainan, meniru orang dan faktor X lainya. Perlu diingat bahwa tidak ada kenakalan yang dibawa sejak lahir. Semua anak itu sama, lahir dalam keadaan suci. Urusan perubahan lainya cuma karena faktor pendidikanya. Maka dari itu didiklah anak-anak dengan penanganan yang tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 II

Woko Utoro Dalam setiap perlombaan apapun itu pasti ada komentar atau catatan khusus dari dewan juri. Tak terkecuali dalam perlombaan menulis dan catatan tersebut dalam rangka merawat kembali motivasi, memberi support dan mendorong untuk belajar serta jangan berpuas diri.  Adapun catatan dalam perlombaan esai Milad Formasik 14 ini yaitu : Secara global tulisan mayoritas peserta itu sudah bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama soal ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. Rerata peserta mungkin lupa atau saking exited nya sampai ada beberapa yang typo atau kurang memperhatikan tanda baca, paragraf yang gemuk, penggunaan rujukan yang kurang tepat dll. Ada yang menggunakan doble rujukan sama seperti ibid dan op. cit dll.  Ada juga yang setiap paragrafnya langsung berisi "dapat diambil kesimpulan". Kata-kata kesimpulan lebih baik dihindari kecuali menjadi bagian akhir tulisan. Selanjutnya ada juga yang antar paragraf nya kurang sinkron. Se...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 I

Woko Utoro Senang dan bahagia saya kembali diminta menjadi juri dalam perlombaan esai. Kebetulan lomba esai tersebut dalam rangka menyambut Milad Formasik ke-14 tahun. Waktu memang bergulir begitu cepat tapi inovasi, kreasi dan produktivitas harus juga dilestarikan. Maka lomba esai ini merupakan tradisi akademik yang perlu terus dijaga nyala apinya.  Perasaan senang saya tentu ada banyak hal yang melatarbelakangi. Setidaknya selain jumlah peserta yang makin meningkat juga tak kalah kerennya tulisan mereka begitu progresif. Saya tentu antusias untuk menilainya walaupun disergap kebingungan karena terlalu banyak tulisan yang bagus. Setidaknya hal tersebut membuat dahaga ekspektasi saya terobati. Karena dulu saat saya masih kuliah mencari esais itu tidak mudah. Dulu para esais mengikuti lomba masih terhitung jari bahkan membuat acara lomba esai saja belum bisa terlaksana. Baru di era ini kegiatan lomba esai terselenggara dengan baik.  Mungkin ke depannya lomba kepenul...