Langsung ke konten utama

Forling dan Sarasehan Jurusan Tasawuf Psikoterapi


Woks

Malam itu akan saya kenang sebagai momen menarik dan tak terlupakan, mungkin begitu pula yang dirasakan Mas Heru kawan saya. Walaupun acara forling tersebut berada di perbukitan dengan medan lumayan curam tapi kita mencoba berusaha untuk tetap hadir ke sana, kata kawan saya itu "rindu adalah alasan terbaik kita ke sana".

Ya, sudah hampir 3 tahun lebih kita tidak merasakan atmosfir diskusi dalam acara forling tersebut sejak aktif sebagai mahasiswa dulu. Mungkin ini adalah forling ke sekian yang kami ikuti sekaligus pertama dengan status alumni. Acara forling ini memang menyejarah bahkan selalu ingin dirawat hingga kini. Terbukti ditempatkan yang lumayan jauh acara ini terlaksana sebagai pembuka dan penutup di kepengurusan HMJ era Mas Fahmi.

Acara forling atau forum keliling tersebut selalu membawa decak kagum. Betapa tidak bagaimana tuan rumah berjibaku menyiapkan tempat, jamuan dan sarana lainya agar acara tersebut berjalan lancar. Tidak hanya itu kepul asap kopi selalu setia menemani saat diskusi maupun sarasehan. Walaupun istilah sarasehan sudah include dengan diskusi tersebut.

Hal menarik dari forling selain dapat bersilaturahmi dengan si empunya rumah kita juga bisa saling mengenal satu sama lainya termasuk berbagi cerita, berbagi ilmu dan pengalaman. Walaupun dari alumni tidak semua bisa hadir yang jelas beberapa perwakilan sudah mampu mewakili angkatanya. Acara forling ini bisa disebut juga sebagai reuni kecil.

Acara forling berarti membuka kembali kenangan yang telah lalu barangkali masih ada yang tertinggal. Entah apa bentuknya yang jelas di malam itu kita membahas banyak hal mulai dari mengapa jurusan ini ada, apa pentingnya masuk jurusan ini, mau jadi apa dari jurusan ini hingga prospek karir setelah lulus nanti. Kita juga membahas tentang sejarah logo TP, tagline, program, audiensi jurusan, gelar hingga warna magis pada jaket. Tidak hanya itu kita juga membincang sejarah kaderisasi, Tasawuf Psikoterapi Training (TPT), pergerakan HMJ, kunjungan ke berbagai instansi dan rumah sakit jiwa (RSJ), hingga epistemologi jurusan melalui konsorsium dan organisasi yang menaunginya.

Mbah Hudaisme yang Tak Pernah Terlewat

Dalam setiap acara yang dihelat jurusan TP atau umumnya FUAD nama Mbah Huda memang tak pernah terlewatkan. Ia ibarat artis yang telah dikenal seantero jagat baik dunia maupun akhirat. Namanya melambung sejak orang banyak mengenalnya termasuk Rektor IAIN Tulungagung Prof Dr Maftukhin. Jangankan Rektor mungkin Sang Hyang Betara Ismaya pun mengenal Mbah Huda. Walau kecil badanya tapi pemikiranya besar begitulah Mbah Huda.

Mbah Huda memang menjadi iconik sepanjang massa bahkan hingga hari ini posisinya sebagai icon TP dan FUAD belum ada yang mampu menggeser. Mbah Huda masih kokoh dipuncak sebagai tokoh pencarian sejati. Maka dalam bahasa anekdot "Mbah yang KW banyak, tapi yang asli hanya satu, maka jangan coba-coba". 

Mbah Huda memang unik sehingga ia mudah dikenal. Selain style pakaiannya yang nyentrik orang dan tutur katanya pun nyentrik. Belum lagi keilmuan mistiknya yang selalu melekat membuat siapa saja menaruh perhatian padanya. Tidak hanya itu quote ala sufi selalu muncul dari balik bibirnya yang manis termasuk joke-joke dewasa yang tak boleh dilupa. Salah satu contohnya yang sering dikutip adalah joke dari KH Anwar Zahid "perempuan itu cobaanya saat lelaki tak punya apa-apa tapi lelaki cobaanya saat perempuan tak pakai apa-apa".

Tapi yang menarik dari Mbah Huda dan ini yang belum bisa ditiru orang lain adalah tentang ajaran "be your self" nya. Selama ini Mbah Huda memang terkenal dengan kepercayaan dirinya yang kuat. Ia mampu berdiri dengan kokoh walaupun banyak cemoohan dari orang lain. Baginya menghargai diri sendiri adalah anugerah dan sesuatu yang harus disyukuri. Katanya tetaplah melangkah walau seribu anak panah menghujam tubuhnya. Mbah Huda memang akan terus menjadi dirinya, diri yang tidak terdoktrin apapun. Ia akan terus nguri-nguri budaya Jawa, menghormati leluhur dan unggah-ungguh serta akan terus menjadi pecinta wanita.

Membicarakan Mbah Huda memang tak ada habisnya. Mari kita akhiri tulisan ini bahwa dengan forling kita bisa mendapat banyak pengetahuan dari para pendahulu. Kita harus tetap optimis lewat jurusan TP ini karena kita bisa jadi apapun. Maka dari itu kunci agar kita tetap menaruh hati dijurusan ini adalah dengan merasa memilikinya. Dengan seperti itu kita akan berjuang di dalamnya belajar, berproses serta menemukan apa yang kita cari. Jika tidak ketemu mungkin itu hanya cara agar kita lebih giat lagi. Sebagaimana Cak Nun dawuh bahwa Tuhan tidak ingin kita sukses tapi Dia hanya ingin kita bekerja tanpa kenal lelah. Siapa kita? #KTP

the woks institute 28/11/20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...