Langsung ke konten utama

Mengingat MTQ dan Harapannya

             (Sumber foto: Publisher.id)

Woks

Beberapa hari lalu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Kang Emil membuka acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XXXVI tingkat provinsi di Kabupaten Subang Jabar. Dengan tema "Mewujudkan Generasi Qurani Menuju Jabar Juara Lahir Bathin dengan Inovasi dan Kolaborasi". MTQ Jawa Barat ke-36 di kota Nanas tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 3-11 September 2020. Menurut Kang Emil acara ini harapannya bisa menghantarkan perwakilan Jabar untuk ikut serta di MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 12-21 November di Padang, Sumatera Barat dan menjadikan Jawa Barat Juara.

MTQ tahun 2020 dengan suasana pandemi ini mengikutsertakan sekitar 1.137 peserta, 27 kafilah dari berbagai kota/kabupaten di seluruh Jawa barat. Walaupun suasana pandemi diharapkan peserta tetap memperhatikan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Semoga saja harapan besar Gubernur melalui event ini bisa tercapai.

Mengingat Sejarah MTQ

Tentu kita ingat sekitar tahun 1940 MTQ lahir dari rahim Jamiyyah Qurro wal Huffadz (JQH) milik NU yaitu sebuah wadah untuk mengembangkan bibit para qori dan penghafal quran. Darisanalah sekitar tahun 1961 melalui saluran radio di Medan acara ini digelar, termasuk medio 1961-1968 acara ini digagas untuk pelajar di Jakarta. Lalu sampailah pada era Mentri Agama KH. Ahmad Dahlan dan KH Ibrahim Hosen (Ayah Gus Nadir) menyelenggarakan MTQ Nasional pertama di Makassar Sulawesi Selatan. 

Acara itulah yang hingga kini masih eksis bahkan kita selalu bangga ketika mendengar nama qori besar seperti Ahmad Syahid, Mohammadong, KH Muammar ZA, KH Chumaidi, KH Nanang Qosim ZA, era kekinian KH Mu'min AM, H. Darwin Hasibuan, H. Salman Amrillah hingga Syamsuri Firdaus. Termasuk kita mengenal jasa besar para dewan hakim seperti al maghfurllah KH Basori Alwi Singosari Malang, Prof Dr al Habib Said Agil Munawwar dan Prof Dr Quraisy Shihab.

Jika kita membaca Tirto.id maka akan tau bahwa dulu MTQ sebagai alat propaganda untuk menguatkan nasionalisme, kesaktian pancasila melalui keagungan al Qur'an. Maklum saja era saat itu pemerintah begitu sinis terhadap mereka yang berhaluan komunis. Maka dari itu MTQ salah satu cara agar orang-orang kembali lagi mempelajari agama. Selebihnya MTQ merupakan alat dan wadah yang baik dalam melestarikan seni dan ilmu dari al Qur'an. Mungkin itu termasuk cara agar para qoriah juga bisa tampil di depan publik dan hal itu berbanding terbalik dengan Timur Tengah yang tidak begitu ramah dengan perempuan apalagi sampai menunjukan suaranya.

Mengingat MTQ di Kampung sendiri

Saya juga mengingat saat MTQ digelar di kecamatan Gantar dan Haurgeulis. Pada saat itu saya lupa tahun dan waktu pelaksanaannya yang jelas saya mengingat seremonialnya begitu gegap gempita. Pada saat itu saya masih duduk di bangku MTs. Kami bersama teman-teman diajak pawai bersama kafilah dari berbagai kecamatan di Kabupaten Indramayu. Saat itu kami hanya membawa alat hadrah seadanya sambil melantunkan shalawat dan berjalan meramaikan kafilah dari kecamatan Gantar. Sedangkan kafilah yang lain meramaikan dengan penuh modal dan kesenian.

Saat acara berlangsung di manapun tempatnya kecamatan kami memang tidak pernah diperhitungkan jika urusan yang seperti ini. Paling-paling masih lumayan ada perwakilan dari daerah Bantarwaru yang memperoleh medali. Begitulah kisah MTQ selalu membawa pesan lucu bagi daerah kami. Daerah yang anak mudanya tidak mau belajar. Hal itu sering saya dapatkan dari Pak Suwarno Hadinata beliau guru qiro saya. Menurut beliau daerah kita itu bukan masyarakat yang religius, tidak mau maju, tidak mau belajar akan tetapi masyarakat yang masih berpedoman pada materi dan budaya konsumtif. Maka jangan berharap ada juara MTQ di sini. Kita hanya perlu kaderisasi sungguhan dan pemerintah setempat mau melirik bakat-bakat yang ada. Tapi nyatanya hingga saat ini semua impian itu hanya dongeng.

Saat ada MTQ masyarakat memang masih merasa asing. Mereka tidak mengenal apa itu MTQ. Padahal mereka yang cinta al Qur'an melalui suaranya yang merdu bisa tampil menyiarkan Islam, termasuk melalui cabang lomba lainya. Maka dari itu kita perlu memberi pengertian lebih bahwa melalui MTQ ini daerah kita bisa berdaya saing dan saling memberdayakan sumber manusia agar unggul dan dapat bersaing dengan yang lainnya. Semoga saja esok kita akan mendengar juara hafidz quran, qiroah, hifdzil quran, syahril quran, tafsir quran, khat, dekorasi, debat, CCQ dan lainya dari daerah sendiri. Mari kita dukung generasi penerus untuk lebih mencintai al Qur'an dan mengamalkannya termasuk bisa tampil di MTQ sebagai wadah memuliakan quran wahyu illahi.

the woks institute, 6/9/20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...