Langsung ke konten utama

Menjadi Sarkub Semalam




Woks

Malam minggu yang sendu saya diajak seorang teman bernama Ibad, saya memanggilnya Ibad Suribad Makanya Krambat. Ibad mengajak saya untuk berburu buku di stand bazar tahunan Jepun. Tapi sayang sesuai yang sudah saya duga anak plinplan itu membelokan niatnya. Tapi kali ini niatnya adalah untuk berziarah. Oke kalau demikian.

Akhirnya kami memutuskan untuk membuat rute sederhana distinasi ziarah makam mana yang akan dituju. Walaupun dalam keadaan kurang fit saya pun memberanikan diri untuk menemaninya. Singkat kisah awal kami ziarah adalah Makam Mbah Agung Taruna. Saya menegaskan bahwa ziarah itu yang dekat terlebih dahulu barulah yang jauh kita tuju. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Mbah Agung adalah tokoh di balik babad desa Plosokandang lebih lagi Tulungagung.

Di sana kami shalat isya lalu setelahnya barulah membacakan yasin dan tahlil. Suasana di makam Mbah Agung terasa syahdu ditemani temaram malam yang sayup di bawah pohon ploso menjulang namun menunduk. Selepas ziarah di Plosokandang kami langsung bertolak ke Moyoketen tepatnya di makam Kiai Pacet wa ahli bait. Di makam ini juga terdapat kompleks pekuburan keluarga Pondok MIA khususnya KH Abdul Aziz (pendiri) dan KH Munawwir Kholid (muassis metode an Nahdliyah).

Tanpa banyak waktu kami pun langsung memanjatkan doa. Yasin tahlil tak lupa kami baca seraya kulo nuwun, izin sowan panjenengan. Sebenarnya kami juga ingin mampir ke makam Mbah Kumbang alias Mbah Kiai Imam Hambali. Akan tetapi karena keterbatasan waktu akhirnya kami langsung menuju Macangban tepatnya ke makam Mbah Sunan Kuning alias Syeikh Sayyid Zainal Abidin.




Setelah sampai di sana tak lupa motor kami parkir. Dan tak lupa membayar parkir 2000 rupiah kepada juru parkir yang ternyata sudah sepuh. Kami mengambil air wudhu dan langsung menunaikan hajat dengan berdoa, berwasilah, mengirimkan kalimat thayyibah. Di sana juga kami melihat seorang bapak mengajak anaknya mungkin untuk napak tilas para auliya di Tulungagung. Di sanalah suasana terasa tampak adem karena memang Masjid Tiban begitu hening. Singkat saja akhirnya kami pun pulang dengan perasaan teramat lega.

Di sepanjang jalan saya tak henti melantunkan syiiran qasidah yang biasa dicakan Gus Miek dalam acara Jantiko dan Dzikrul Ghafilin. Tak lupa pula merekamnya dengan hp nan sederhana untuk sekadar kenangan. Kami pun bertolak awalnya ke Moyoketen untuk membeli buah. Ternyata jadinya malah ke Ngemplak dan memang di sana gudangnya. Sudah ku duga kembali ketika sampai di sana Ibad hampir saja tidak jadi membeli buah. Alasannya karena kios buah berada di seberang jalan dan ia malas untuk menyebrang.

Akhirnya saya hanya diam dan membuatnya terserah. Saya pun mampir untuk menikmati semangkuk wedang ronde. Seketika itu Ibad dengan gontai membeli buah. Sudah saya prediksi sejak awal nyatanya yang dibeli adalah buah jeruk. Dan anda pasti tahu buah jeruk di kios manapun jumlahnya sangat banyak. Jauh-jauh berkalang jarang hanya untuk membeli jeruk. Coba saja jika bukan karena kesabaran pasti saya akan kalah. Tapi tak mengapa yang jelas saya sudah puas untuk terus bersambung dengan para auliya Allah agar tetap menjaga hati, sabar dan nriman.

the woks institute l rumah peradaban 12/3/23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...