Langsung ke konten utama

Hati Suhita : Kisah Dinginnya Seorang Lelaki




Woko Utoro

Rerata para pembaca dan penonton Suhita menyebutkan bahwa novel karya Ning Khilma Anis tersebut berkisah tentang perempuan yang berjuang mendapatkan cinta suaminya. Mayoritas sudut pandang tersebut benar dan memang selalu dipakai oleh perempuan bahkan penulis serta pemain filmnya. Mungkin saya berbeda dalam menikmati Suhita. Saya mencoba melihat novel Suhita dari sisi Gus Birru bukan karena saya laki-laki melainkan pada sudut yang berbeda.

Menurut saya Suhita adalah novel yang berkisah tentang seorang lelaki putra tunggal pewaris pesantren yang bersikap dingin karena terbentur sistem perjodohan. Sikap dinginnya menjalar sampai mereka berstatus suami istri bersama Alina Suhita yang tak lain lakon utama dalam novel tentu versi mayoritas. Saya yakin banyak perempuan merasa kecewa dengan sikap Gus Birru yang ternyata menitis hampir ke setiap lelaki, beku, tidak peka, tidak peduli dll. Walaupun rumus utama dalam menilai lelaki atau perempuan adalah : tidak semua lelaki/perempuan itu sama.

Jika kita membaca novel atau lebih lagi menikmati dalam bentuk audio visual film maka Alina Suhita adalah tokoh kunci yang mampu mewakili hampir mayoritas perempuan. Setelah itu barulah Ratna Rengganis satu dari sekian perempuan ada di pihaknya. Tapi sangat jarang perempuan berpikir ala kaum Adam sebagaimana Ning Khilma Anis mengilustrasikan Gus Birru yang serba salah itu. Bisa dibayangkan jika kita berada di pihak Gus Birru tentu akan sulit pula mana yang akan dipilih.

Mungkin sekilas orang dengan mudah begitu saja kok sulit. Dalam konteks malam pertama misalnya banyak orang menilai Gus Birru sosok yang bodoh. Sosok yang padahal siapa saja bisa melakukan dengan sesuka hatinya karena posisi itulah yang diinginkan banyak orang. Lebih lagi para jomblo akan meronta ketika melihat di scene ini (lihat filmnya) Gus Birru menolak Alina Suhita dengan pakaian sensualnya.

Begitulah kisahnya, Gus Birru memang luar biasa. Seperti yang dikatakan Rengganis bahwa Gus Birru tak semudah itu. Ia tak bisa hidup dengan masa lalunya atau lebih tepatnya ia tak mungkin berdiri di atas dua perahu. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa Rengganis tak ingin hidup separuh hati. Ia sadar bahwa Gus Birru sudah milik orang lain. Tapi dengan kesadaran penuh bahwa Gus Birru adalah sosok yang sangat menghormati perempuan terlebih ummiknya. Walaupun di sinilah kita tahu konflik batinnya selalu berperang melawan kehendak Abahnya, pesantren dan Suhita.

Gus Birru adalah seorang aktivis, orator dan tentunya menyukai dunia jalanan. Ia lebih tertarik dengan buku-buku pergerakan, dunia kafe dan perjuangan lewat media jurnalistik. Gus Birru tentu sadar bahwa pesantren Al Anwar adalah warisan besar dan berada di pundaknya. Akan tetapi kesadaran itu harus pudar gegara ia tak bisa mengikuti pola pikir Abahnya. Maka dari itu sejak kecil ummiknya membidik Suhita putri Kiai Jabbar yang cerdas itu untuk jadi mantunya.

Tapi Gus Birru memang hanya butuh waktu. Setidaknya untuk dia belajar menata diri dan mendewasakan pikiran. Dengan kesadaran penuh Gus Birru bukanlah manusia ideal idaman pesantren. Bahkan mungkin Suhita telah banyak salah paham pada dirinya. Secara jujur ini berat karena Gus Birru diam-diam selalu hidup di alam kenangan masa lalunya. Lantas kehadiran Suhita dianggap sebagai sosok yang melunturkan segala angan dan cita cintanya. Kita tentu tahu mayoritas lelaki memang demikian bahwa mereka cenderung memikirkan diri sendiri khususnya perihal minat dan fokusnya.

Kaum lelaki sebenarnya setia namun mereka canggung. Mereka hanya kesulitan untuk memulai bagaimana cara mendahului. Kaum lelaki tidak seluwes perempuan yang berpikir di balik perasaan. Lelaki akan mudah disebut salah karena kadang logikanya tak berperasaan. Padahal fakta membuktikan lelaki hanya butuh waktu yang tepat. Gus Birru menjadi contoh sebenarnya diam-diam ia sudah tertarik dengan Suhita. Gus Birru sebenarnya sayang dengan gadis manis itu dan sebenarnya peduli. Hanya saja keadaan yang dibalut egoisme sering sulit dikendalikan. Akibatnya lelaki selalu tampak egois, kasar dan maunya menang sendiri.

Secara objektif sebagai lelaki tentu beberapa sifat Gus Birru ada pada saya. Saya harus akui jika memilih bolehlah sosok Kang Dharma atau Mas Arya ada pada jiwa saya. Akan tetapi sekalipun Gus Birru banyak kekurangan demikianlah faktanya memang manusia samudera seperti Suhitalah yang tepat sengaja disiapkan hanya untuk sosok dingin itu. Sekadar refleksi bahwa tidak setiap lelaki mampu seperti Gus Birru terutama ketika ia mempertahankan prinsip ninjanya untuk tidak menyentuh Suhita karena alasan pengabsah wangsa. Kata Gus Birru ia tak bisa menyentuhnya dengan posisi cinta separuh. Ia harus mencintai Suhita dengan cinta yang penuh dan statement inilah saya anggap sebagai sikap ksatria. Ia hanya perlu ditaklukkan dengan kasih lembut dan waktu, itu saja.[]

the woks institute l rumah peradaban 15/6/23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 II

Woko Utoro Dalam setiap perlombaan apapun itu pasti ada komentar atau catatan khusus dari dewan juri. Tak terkecuali dalam perlombaan menulis dan catatan tersebut dalam rangka merawat kembali motivasi, memberi support dan mendorong untuk belajar serta jangan berpuas diri.  Adapun catatan dalam perlombaan esai Milad Formasik 14 ini yaitu : Secara global tulisan mayoritas peserta itu sudah bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama soal ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. Rerata peserta mungkin lupa atau saking exited nya sampai ada beberapa yang typo atau kurang memperhatikan tanda baca, paragraf yang gemuk, penggunaan rujukan yang kurang tepat dll. Ada yang menggunakan doble rujukan sama seperti ibid dan op. cit dll.  Ada juga yang setiap paragrafnya langsung berisi "dapat diambil kesimpulan". Kata-kata kesimpulan lebih baik dihindari kecuali menjadi bagian akhir tulisan. Selanjutnya ada juga yang antar paragraf nya kurang sinkron. Se...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 I

Woko Utoro Senang dan bahagia saya kembali diminta menjadi juri dalam perlombaan esai. Kebetulan lomba esai tersebut dalam rangka menyambut Milad Formasik ke-14 tahun. Waktu memang bergulir begitu cepat tapi inovasi, kreasi dan produktivitas harus juga dilestarikan. Maka lomba esai ini merupakan tradisi akademik yang perlu terus dijaga nyala apinya.  Perasaan senang saya tentu ada banyak hal yang melatarbelakangi. Setidaknya selain jumlah peserta yang makin meningkat juga tak kalah kerennya tulisan mereka begitu progresif. Saya tentu antusias untuk menilainya walaupun disergap kebingungan karena terlalu banyak tulisan yang bagus. Setidaknya hal tersebut membuat dahaga ekspektasi saya terobati. Karena dulu saat saya masih kuliah mencari esais itu tidak mudah. Dulu para esais mengikuti lomba masih terhitung jari bahkan membuat acara lomba esai saja belum bisa terlaksana. Baru di era ini kegiatan lomba esai terselenggara dengan baik.  Mungkin ke depannya lomba kepenul...