Langsung ke konten utama

Membingkai Imajinasi Dalam Novel




Woko Utoro

Ngaji Literasi edisi ke-8 yang dihelat oleh SPK kali ini begitu menarik. Pasalnya ngaji literasi kali ini membincang buku berjenre fiksi yaitu novel Anak Angkot. Pembahasan yang sangat langka karena sebelumnya ngaji literasi selalu membedah buku berjenre non fiksi. Novel buah karya Muhammad Mustofa Ludfi tersebut sangat layak untuk diperbincangkan. Bib Ludfi sapaan akrabnya memang piawai dalam merangkai cerita.

Proses kreatif Bib Ludfi sebenarnya memang cenderung dekat ke sastra utamanya cerpen dan novel. Karena bagaimanapun juga hal itu dipengaruhi terhadap minat dan bakat seni. Menurut Sri Malela Mahargasarie seni adalah minat itu sendiri. Artinya orang bisa belajar seni dan itu disebut teknis. Akan tetapi jika soal imajinasi, rasa dan penghayatan itu soal bakat yang dibentuk oleh rangkaian minat.

Sebenarnya untuk berkesenian seseorang tidak perlu masuk dalam sistem pendidikan formal melainkan otodidak juga bisa dan itulah sedikit yang dilakukan Bib Ludfi. Secara jujur Bib Ludfi mengakui bahwa kepiawaiannya dalam merangkai bahasa sastra lebih mudah daripada bahasa ilmiah yang memiliki sistematika khusus. Akhirnya novel Anak Angkot ini salah satu dari hasil ijtihad berpikir dan berimajinasi beliau.

Bib Ludfi berkisah bahwa novel Anak Angkot adalah karya yang latarnya dipengaruhi dari kota Malang. Tentu kita tahu Malang masih satu frekuensi dengan Surabaya secara kultur bahasa keras dan ceplas-ceplos apa adanya. Novel Anak Angkot berkisah tentang Mukhtar si Anak Angkot atau lebih tepatnya anak dari seorang yang selalu mengejar setoran. Bisa disebut juga buruh angkot alias supir yang tidak memiliki kendaraan sendiri atau ikut sistem juragan.

Dalam novel tersebut lewat Mukhtar si tokoh utama secara objektif Bib Ludfi menulis apa adanya. Bib Ludfi menulis sesuai kejadian riil yang dalam peta imajinasinya diceritakan tokoh utamanya kalah. Biasanya dalam mayoritas novel tokoh utama selalu disimbolkan happy ending akan tetapi Anak Angkot ini berbeda. Dengan bahasa yang lugas tanpa banyak bunga-bunga metafora Bib Ludfi berhasil mengajak pembaca ke imajinasi faktual. Imajinasi yang disandarkan pada data dan fakta. Maka dari itu menulis novel sangat mudah yang sulit adalah risetnya.

Singkat kisah novel Anak Angkot tersebut berisi kritik tajam Bib Ludfi yaitu mengenai keberpihakan pemerintah yang minim terhadap rakyat kecil, penyajian objektif tentang kondisi riil di masyarakat dan bahwa kejahatan dilawan kejahatan tak akan pernah menang. Di mana pun rumusnya sederhana bahwa kebaikan selalu menang melawan kejahatan. Maka sebenarnya novel dengan muatan kritik sebenarnya perlu juga diketengahkan ke ruang pembaca. Karena bagaimanapun juga lewat karya sastra hal yang bersifat kritik justru terasa seperti sebuah seni yang berbicara. Seni itu membentuk gagasan dalam imajinasi ide sekaligus merangsang orang untuk kritis terhadap keadaan.

Menjauh dari isi novel Anak Angkot, lantas saya bertanya pada Bib Ludfi mengapa masyarakat lebih menyukai novel dengan jenre percintaan, rumah tangga, horror sedangkan jenre heorisme dan pendidikan begitu terpinggirkan. Sebenarnya tidak sukar untuk menjawab hal itu karena masyarakat kita memang lebih cenderung membutuhkan fungsi hiburan daripada pendidikan. Pengetahuan yang dulu menjadi kiblat pencarian kini justru terabaikan. Begitulah anomali terjadi di berbagai lini kehidupan dan kita melihat pergeseran masyarakat dari akademik menuju entertainment.

Terakhir dalam perdiskusian malam itu Bib Ludfi memberi pesan yang menohok di antaranya; saat ini tulisan terlampau banyak tugas kita adalah melahirkan generasi pembaca. Tidak hanya karya sastra bahkan karya ilmiah pun berlimpah ruah. Akan tetapi menjadi pertanyaan mendasar apakah generasi pembacanya sudah siap. Demikian juga seperti diungkap Prof Ngainun Naim tempo hari bahwa menulis harus diawali dari tradisi membaca. Tanpa tradisi membaca tulisan sulit diwujudkan.

Orang menulis sebenarnya banyak akan tetapi hanya sekadar menulis. Maka dari itu menulislah sebagai sebuah jalan kehidupan. Bib Ludfi berpendapat bahwa menulis adalah meditasi, atau menulis itu adalah skapisme. Menulis adalah pelarian paling efektif untuk menumpahkan segala macam ide. Sehingga dengan pengertian tersebut menulis menjadi kebutuhan bukan hanya sekadar keinginan.

Bib Ludfi memberi tips jika ingin menulis seseorang harus menjadi pembaca. Setelah itu carilah pemicu misalnya diskusi atau meminta mentoring dari para ahli dan terakhir adalah menulislah. Datangilah pada leptop atau buku untuk segera mewujudkan tulisan. Hanya dengan cara praktek langsung tulisan akan jadi kenyataan.[]

the woks institute l rumah peradaban 8/6/23

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 II

Woko Utoro Dalam setiap perlombaan apapun itu pasti ada komentar atau catatan khusus dari dewan juri. Tak terkecuali dalam perlombaan menulis dan catatan tersebut dalam rangka merawat kembali motivasi, memberi support dan mendorong untuk belajar serta jangan berpuas diri.  Adapun catatan dalam perlombaan esai Milad Formasik 14 ini yaitu : Secara global tulisan mayoritas peserta itu sudah bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama soal ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. Rerata peserta mungkin lupa atau saking exited nya sampai ada beberapa yang typo atau kurang memperhatikan tanda baca, paragraf yang gemuk, penggunaan rujukan yang kurang tepat dll. Ada yang menggunakan doble rujukan sama seperti ibid dan op. cit dll.  Ada juga yang setiap paragrafnya langsung berisi "dapat diambil kesimpulan". Kata-kata kesimpulan lebih baik dihindari kecuali menjadi bagian akhir tulisan. Selanjutnya ada juga yang antar paragraf nya kurang sinkron. Se...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 I

Woko Utoro Senang dan bahagia saya kembali diminta menjadi juri dalam perlombaan esai. Kebetulan lomba esai tersebut dalam rangka menyambut Milad Formasik ke-14 tahun. Waktu memang bergulir begitu cepat tapi inovasi, kreasi dan produktivitas harus juga dilestarikan. Maka lomba esai ini merupakan tradisi akademik yang perlu terus dijaga nyala apinya.  Perasaan senang saya tentu ada banyak hal yang melatarbelakangi. Setidaknya selain jumlah peserta yang makin meningkat juga tak kalah kerennya tulisan mereka begitu progresif. Saya tentu antusias untuk menilainya walaupun disergap kebingungan karena terlalu banyak tulisan yang bagus. Setidaknya hal tersebut membuat dahaga ekspektasi saya terobati. Karena dulu saat saya masih kuliah mencari esais itu tidak mudah. Dulu para esais mengikuti lomba masih terhitung jari bahkan membuat acara lomba esai saja belum bisa terlaksana. Baru di era ini kegiatan lomba esai terselenggara dengan baik.  Mungkin ke depannya lomba kepenul...