Langsung ke konten utama

Muktamar NU Dalam Catatan




Woks

Dalam perdiskusian panjang perhelatan muktamar NU selalu menjadi topik menarik sekaligus sorotan baik media dalam maupun luar negeri. NU dan sejarahnya memang selalu asyik disimak karena organisasi ini sudah antik sejak didirikan tahun 1926 tersebut. Salah satu keunikan NU dalam perhelatan muktamar ada sebuah pernyataan yang saya dengar bahwa muktamar di luar Jawa akan selalu sejuk dan adem. Berbeda muktamar yang dihelat di pulau Jawa suhu ketegangannya benar-benar sangat terasa.

Salah satu sumbu ketegangan muktamar bisa kita ingat pada waktu muktamar ke-33 di Jombang. Bahkan saking tegangnya Pjs Rais Aam KH. Mustofa Bisri sampai berkata apa perlu menciumi satu persatu kaki muktamirin yang sulit meredam emosinya. Begitulah muktamar dan pernak perniknya. Yang jelas dalam muktamar ke-34 di Lampung juga tak kalah menariknya untuk dicermati.

Tentu perhelatan muktamar sejak awal NU berdiri hingga kini memiliki kekhasanya tersendiri. Dulu sejak 1926 hingga menjelang kemerdekaan muktamar digelar sampai 15 kali dan hampir tiap tahun. Barulah kemudian muktamar digelar 5 tahun sekali. Yang perlu disorot dalam muktamar tentu selain rais aam dan ketua terpilih tentu hasil keputusan muktamar juga tak boleh dilewatkan. Pada muktamar 19 Mei 1936 di Banjarmasin kita ingat NU mendeklarasikan bahwa Indonesia adalah negara darussalam bukan darul Islam, darul harb atau darul shulh. Keputusan itu tentu sangat penting dalam sejarah Indonesia ke depanya sebagai negara demokrasi.

Sejak tahun 1971, muktamar ke 26 Semarang hingga 1984 di Situbondo NU kembali ke khittah dan menerima asas tunggal pancasila. Keputusan muktamar yang menghasilkan KH. Ahmad Shidiq sebagai rais aam dan Gus Dur sebagai ketua tanfidziyahnya sangatlah revolusioner karena pada saat itu Pancasila dirasa perlu untuk dikukuhkan sebagai asas final baik sebagai ideologi bangsa secara umum dan khususnya NU sebagai organisasi.

Pada Desember tahun 1994 muktamar NU ke-29 di Cipasung Tasikmalaya tentu menjadi saksi puncak ketegangan utamanya antara Gus Dur dan orang-orang bawaan Soeharto. Pada muktamar di tempat Ajengan KH. Ilyas Ruhiyat itu nampaknya menjadi event yang benar-benar panas. Pasalnya Gus Dur atau KH. Abdurrahman Wahid kala itu sebenarnya tidak ingin lagi maju menjadi kandidat ketua PBNU. Akan tetapi karena situasi genting, beliau maju kembali untuk ketiga kalinya. Alhasil Gus Dur terpilih kembali dan menyingkirkan pesaingnya Abu Hasan. Salah satu keputusan menarik di muktamar ini adalah NU menolak segala bentuk atau upaya perusakan alam atas nama apapun. Intinya NU ingin berkontribusi dalam upaya pencegahan deforestasi dan pelestarian lingkungan.

Barulah semakin ke sini muktamar membawa kisahnya tersendiri di antaranya muktamar ke-32 di Makassar dan ke-33 di Jombang Kiai Said terpilih dan yang baru kemarin yaitu ke-34 di Lampung Gus Yahya terpilih menahkodai menuju 1 abad NU. Pada muktamar ke-33 di tempat kelahiran pendiri NU tentu sangat mengalami keriuhan salah satunya karena tema besarnya itu "Islam Nusantara". Tema tersebut tentu sebuah gagasan besar sekaligus menjadi perbincangan hangat semua kalangan termasuk mereka yang kontra.

Pada muktamar ke-34 di Lampung tentu sesuai dengan opini publik bahwa suasanya sangatlah adem. Di tengah tarik ulur akibat pandemi akhirnya muktamar ini digelar juga dan menghasilkan duet KH. Miftachul Akhyar sebagai rais aam dan KH. Yahya Cholil Staquf sebagai ketua tanfidziyahnya. Ada banyak pelajaran yang kita dapatkan dalam muktamar di Pondok Pesantren Darus Saadah tersebut di antaranya keteladanan yang dicontohkan oleh kedua calon ketum PBNU yaitu KH. Said dan KH. Yahya bahwa NU bagaimana pun harus jadi contoh bukan seperti perebutan kursi ala partai politik.

Keduanya merupakan anak ideologis Gus Dur. KH. Said yang sudah dekat dengan Gus Dur sejak masih di Makkah dan Gus Yahya tak lain merupakan juru bicara di era Presiden Gus Dur. Keduanya juga alumni dari guru yang sama yaitu KH. Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Hal inilah yang juga menjadi angin segar bagi banyak orang terutama soal ketersambungan sanad. Sehingga dengan begitu tidak ada alasan untuk pecah karena sebuah posisi.

Sebagai orang dekat Gus Dur mereka berdua tentu berkapasitas dan punya gagasan yang sama untuk terus mendakwahkan Islam ramah, moderat dan toleran. Selain itu keduanya juga sebagai lokomotif yang bergerak menghidupkan ajaran Gus Dur. Dengan begitu muktamar NU ke-34 di Lampung ini mengafirmasi bahwa perhelatan hajatan tertinggi NU tersebut memanglah adem, sejuk dan menggembirakan. Semoga saja menuju satu abadnya NU bisa lebih baik dan menyongsong masa depan dengan organisasi yang lebih dewasa dan mandiri.

the woks institute l rumah peradaban 25/12/21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...