Langsung ke konten utama

Bolehkah Menjadi Kaya

             (Sumber gambar canva.com)
Woks

Beberapa waktu lalu saya mendapat sebuah pertanyaan yang menarik untuk dikupas. Saat orang-orang ramai berdiskusi kata-kata itu muncul, "Orang Cina punya rumah dan mobil mewah lima, motor sports dua dan pabrik di mana-mana, sedang tetangga diam saja, tapi saat kiai punya satu hektar sawah, satu buah mobil dan beberapa ekor sapi hampir semua tetangga ngerasani (bergosip). Kata mereka pasti kiai itu memelihara prewangan baik berupa khadam jin atau jimat lainya. Kata-kata itulah yang menyebabkan saya lalu bertanya apa salahnya dan bolehkah kita kaya?

Di mata tetangga atau masyarakat pada umumnya menjadi kaya secara mendadak merupakan hal yang tak wajar. Jika mereka tidak mengetahui bagaimana prosesnya, maka masyarakat mudah melabeli orang dengan tak lazim. Lebih-lebih kaya melalui praktek nyupang (pemujaan), ngepet, atau pesugihan sangat mudah sekali dibongkar kedoknya oleh masyarakat. Tidak peduli ia agamawan, kuliahan, lebih lagi orang kecil biasa seperti petani atau pedagang kaki lima. Kekayaan memang selalu mengandung stigma negatif di masyarakat, padahal tak sedikit juga ada orang kaya namun dermawan.

Kekayaan memang tidak melulu soal harta, karena ia akan berarti sempit. Kekayaan bisa jadi merujuk pada pemikiran dan bagaimana cara seseorang bersikap. Sikap inilah yang di sebut syukur, yaitu sebuah cara untuk menerima kenikmatan sekecil mungkin. Orang juga berarti miskin saat ia berhenti bersyukur alias tak pernah merasa puas. Kaitanya dengan harta tentu salah satu cara menggapainya ialah dengan bekerja. Bekerja merupakan upaya realistis untuk memutar roda kehidupan. Bekerja juga merupakan titah Tuhan. Tanpa bekerja dunia menjadi hampa.

Para orang tua mungkin harus memikirkan bagaimana agar dapur terus berkebul. Anak remaja pun terus berpikir bagaimana agar dompet tak lagi bersuara, perut tak terus berdemo. Tak mungkin untuk menggerakkan roda kehidupan kita terus khusyu di dalam sebuah rubath dzikir. Kita ini manusia biasa yang seringnya menjauh dari Tuhan dan dekat hanya saat terkena musibah. Kita bukan Siti Maryam yang di mihrabnya terdapat makanan yang konon turun dari langit. Kita juga bukan pemuda pemulia ibu di zaman Nabi Sulaiman yang hidup di dalam cangkang besar di dasar samudera, yang sudah dijamin rezekinya oleh Allah. Kita hanya manusia realistis, yang bekerja untuk mempertahankan kehidupan. Toh pada hakikatnya jika dengan niat baik, bekerja pun ternilai ibadah.

Lalu apakah ada orang yang tidak bekerja? Jika iya pun rasanya tak pas. Terutama bagi seorang lelaki, bekerja adalah sebuah jatidiri. Bekerja juga sebuah cara untuk mempertahankan kehidupan. Ia tidak memandang status atau apapun itu. Yang jelas hampir semua orang bekerja walau tanpa diketahui jenis apa pekerjaanya. Siapa bilang kalangan ulama sufi tidak bekerja? Justru banyak kalangan sufi yang juga bekerja. Sebab ajaran Islam tidak mengajarkan hanya sekedar berangan-angan. Islam merupakan agama yang memerintahkan pemeluknya untuk lebih banyak bekerja bukan sekedar berwacana. Termasuk banyak kerja dari pada banyak bicara merupakan pondasi dasar dalam etika pergaulan.

Ambil contoh, Syeikh Abu Hasan as Syadzili beliau merupakan sorang sufi kaya raya. Bayangkan saja setiap hari pakainya selalu ganti dengan yang indah dan bagus. Belum lagi harum semerbak parfumnya selalu menunjukan keagunganya. Akan tetapi beliau punya cara bagaimana kekayaan tidak membuatnya terlena. Justru kemiskinanlah yang membuat "hubbud dunya". Karena ia akan selalu berharap kapan waktu memiliki harta seperti layaknya orang kaya. Imam Ali Karramallahu Wajhah juga pernah mengingatkan bahwa kefaqiran akan mudah mendekat pada kekufuran.

Jika dengan cara yang baik, mencarinya dengan cara halal dan untuk tujuan kebaikan menjadi kaya adalah keharusan. Karena jayanya Islam salah satunya karena tangan-tangan orang kaya. Sebenarnya dengan jumlah yang mayoritas Islam belum sepenuhnya dikatakan kaya, karena sikap perjuangnya belum dikatakan bersatu. Islam masih terpecah belah, sehingga kekuatan itu belum tercapai sempurna. Andai saja orang kaya seperti Abdurrahman bin Auf, Abu Bakar, Usman bin Affan dan para sahabat kaya itu masih ada di zaman ini pastilah mereka akan memberikan kekayaannya untuk kepentingan Islam. Seharusnya kita tidak boleh sentimen terhadap saudara sesama muslim yang kaya. Justru kita mengambil contoh dari mereka agar terus bermanfaat bagi orang lain dengan hartanya.

Setidaknya jika pun kita tak sempat menjadi kaya secara materil minimal kita kaya secara ilmu. Karena kekayaan sejati adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu amal yang tak akan terputus sekalipun si pemilik telah tiada. Jadi untuk mengurai pertanyaan seperti pada judul apakah boleh kaya? tentu jawabanya adalah boleh. Asalkan kekayaan itu tak lain sebagai sarana menuju Allah swt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 II

Woko Utoro Dalam setiap perlombaan apapun itu pasti ada komentar atau catatan khusus dari dewan juri. Tak terkecuali dalam perlombaan menulis dan catatan tersebut dalam rangka merawat kembali motivasi, memberi support dan mendorong untuk belajar serta jangan berpuas diri.  Adapun catatan dalam perlombaan esai Milad Formasik 14 ini yaitu : Secara global tulisan mayoritas peserta itu sudah bagus. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama soal ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. Rerata peserta mungkin lupa atau saking exited nya sampai ada beberapa yang typo atau kurang memperhatikan tanda baca, paragraf yang gemuk, penggunaan rujukan yang kurang tepat dll. Ada yang menggunakan doble rujukan sama seperti ibid dan op. cit dll.  Ada juga yang setiap paragrafnya langsung berisi "dapat diambil kesimpulan". Kata-kata kesimpulan lebih baik dihindari kecuali menjadi bagian akhir tulisan. Selanjutnya ada juga yang antar paragraf nya kurang sinkron. Se...

Catatan Lomba Esai Milad Formasik ke-14 I

Woko Utoro Senang dan bahagia saya kembali diminta menjadi juri dalam perlombaan esai. Kebetulan lomba esai tersebut dalam rangka menyambut Milad Formasik ke-14 tahun. Waktu memang bergulir begitu cepat tapi inovasi, kreasi dan produktivitas harus juga dilestarikan. Maka lomba esai ini merupakan tradisi akademik yang perlu terus dijaga nyala apinya.  Perasaan senang saya tentu ada banyak hal yang melatarbelakangi. Setidaknya selain jumlah peserta yang makin meningkat juga tak kalah kerennya tulisan mereka begitu progresif. Saya tentu antusias untuk menilainya walaupun disergap kebingungan karena terlalu banyak tulisan yang bagus. Setidaknya hal tersebut membuat dahaga ekspektasi saya terobati. Karena dulu saat saya masih kuliah mencari esais itu tidak mudah. Dulu para esais mengikuti lomba masih terhitung jari bahkan membuat acara lomba esai saja belum bisa terlaksana. Baru di era ini kegiatan lomba esai terselenggara dengan baik.  Mungkin ke depannya lomba kepenul...