Langsung ke konten utama

Kematian




Woks

Manusia memang tidak akan pernah mengerti kapan akhir hidupnya. Kisah di mana segala macam aktivitas kecintaan akan berhenti. Kematian sejak diciptakan memang membawa misteri. Kita tidak pernah tau jika dalam sejarah Habil putra Adam harus meregang nyawa karena dibunuh oleh saudaranya sendiri.

Fir'aun si raja lalim yang mengaku Tuhan pun mati di medan pengejaran tepatnya tenggelam di laut merah. Serta banyak lagi kisah kematian yang hingga hari ini manusia manapun kesulitan menebaknya. Tapi agama bisa saja memprediksi lewat tanda-tanda seperti rambut sudah mulai beruban, banyak fungsi organ yang tidak berfungsi dengan baik, bertambahnya usia, hingga mendapat isyarat baik melalui mimpi atau terjaga.

Kematian memang tidak kenal dengan tempat, waktu, keadaan, atau apapun. Intinya semua yang bernyawa akan mati terserah Allah mematikanya di mana, kapan dan bagaimana. Kematian pun akan melahirkan dua kondisi yaitu husnul khatimah (baik) atau suul khatimah (buruk). Dari kondisi itulah sebenarnya bisa di-setting dengan cara kita memperbanyak amal sholeh dan terus berdoa memohon kepadaNya mati dalam keadaan husnul khatimah.

Ada satu hal yang perlu direnungkan yaitu pernah sebuah riwayat berkata bahwa orang akan mati bersama sesuatu yang ia cintai atau dalam bahasa lain sesuai dengan kebiasaanya. Hal ini sering kita jumpai di masyarakat, misalnya seorang qori cinta al Qur'an meninggal dalam keadaan ia sedang membaca, ada juga meninggal dalam keadaan sujud di rakaat terakhir dalam shalat. Kisah Mbah Maridjan tentu sangat unik saking setianya beliau dengan tugas juru kunci Merapi ia harus rela kehilangan nyawa dalam tragedi meletusnya Merapi. Mbah Maemun Zubair wafat hari selasa di Mekah sesuai wasiat para leluhurnya, pun Mbah Nawawi Abdul Jalil Sidogiri yang ingin diwafatkan pada hari Ahad serta banyak lagi kisah tentang kematian.

Jika kematian bisa diprediksi lewat kebiasaan lalu bagaimana dengan orang yang senang menulis. Apakah nanti ia meninggal dalam keadaan merangkai kata, atau berpisah bersama tumpukan kata-kata. Entahlah, wallahu alam hanya Allah yang tahu. Yang jelas bukan kapan, di mana dan sedang apa yang dicatat oleh Allah dalam kematian itu adalah apakah ia sedang ingat Allah atau lalai terhadapNya.

Kematian yang berarti berpindahnya ruh dari jasad memang masih menyisakan efek psikologis yang luar biasa. Orang selalu takut jika diceritakan tentang perkara yang satu ini. Maka pantas sebagian orang menyebutnya sebagai kiamat kecil dalam diri. Akan tetapi mengingat mati itu perlu tapi terlalu mengingat mati itu bahaya. Jika kita tahu bahwa yang takut mati hanyalah hamba amatir dengan iman tipis tapi hamba pilihan seperti Maulana Rumi kematian adalah perjumpaan, menuai rindu kekasih.

Tidak setiap orang siap jika ditanya kapan akan menyusul. Yang jelas pesan Nabi Muhammad bahwa kesiapan mati adalah tentang kecintaan berdua dengan rabbul alamin. Dengan kecintaan itulah menjadi dasar seseorang sowan dalam tradisi Jawa yang membahagiakan. Orang Jawa memang terkenal jika wis waktune sangkan paraning dumadi berarti sowan, pulang bukan mati ia hanya berpindah alam.

Tradisi ziarah kubur mungkin salah satu hal mengingatkan kita pada kematian termasuk ta'jiyah. Jika seorang tetangga atau kerabat meninggal maka itu pesan pengingat buat kita bahwa esok pasti akan menyusulnya. Jika sudah tiba saatnya tak ada seorangpun yang dapat menolaknya pun seorang raja. Dulu Khalifah Harun Ar Rasyid pernah dimintai sesuatu oleh si Majnun katanya jika tuan mampu mewujudkan permintaanku maka tuan memang raja. Permintaan itu adalah ingin ditambahnya umur, menolak kedatangan Izrail dan dimasukan ke syurga, mendengar permintaan itu sang khalifah hanya terdiam membisu. Kata si Majnun itulah tuan pesan bahwa anda bukanlah seorang raja, anda adalah hamba biasa yang harus mengingat bahwa ada yang maha diraja yaitu Allah swt. Cukuplah kematian sebagai pengingatmu.

the woks institute l rumah peradaban 26/6/21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...