Woko Utoro
Melihat fenomena demokrasi di Indonesia akhir-akhir ini begitu mencemaskan. Pasalnya di tahun 2019 kita dihadapkan dengan populisme dan politik identitas. Kini di 2024 kita dihadapkan dengan politik cawe-cawe alias penyelewengan kekuasaan. Bahasa terkenal untuk menggambarkan ruang demokrasi kita kemarin adalah demokrasi yang mencederai etika.
Kalangan budayawan menyebutkan mengapa demokrasi kita mengalami kemerosotan? tak lain karena sistem kepemimpinan masih dipikul oleh kepentingan politik. Coba saja jika kebudayaan dan intelektualitas sebagai tulang punggung maka cerita akan berkata lain. Demokrasi sebagai ladang ijtihad memang selalu mengalami tantangan. Sehingga ketika demokrasi down maka jangan aneh jika kita melahirkan pemimpin yang tidak berkualitas. Prof Quraish Shihab menyebutnya sebagai paceklik kepemimpinan.
Lantas bagaimana Islam memandang demokrasi serta adakah konsep serupa yang intinya bermuara pada kemaslahatan. Sebelum jauh ke sana kita perlu membaca secara singkat mengapa demokrasi di Indonesia terkena pukulan begitu keras. Gita Wiryawan, menteri perdagangan era SBY menyebutkan satu dari sekian alasan mengapa demokrasi di Indonesia menurun kualitasnya. Katanya, karena dalam demokrasi kita tidak terjadi intelektualisasi di semua lapisan. Masyarakat menganggap demokrasi hanya soal mencoblos dalam bilik suara. Sedangkan kalangan elit mengartikan demokrasi sebagai ajang politik tahunan yang penuh intrik.
Politik yang dijalankan pun berorientasi pada basis suara bukan atas keresahan rakyat. Sehingga demokrasi hanya dimaknai sebagai kebebasan memilih serta perebutan kekuasaan. Seharusnya demokrasi adalah wasilah untuk mendapatkan tujuan yang mashlahat. Menurut Prof Quraish Shihab Islam tidak melarang demokrasi. Justru dalam Islam dikenal dengan musyawarah yang secara makna sederhana bisa diartikan sebagai jalan tengah. Musyawarah dapat diartikan sarang lebah.
Kata Prof Quraish Shihab coba kita lihat lebat itu hewan berkoloni. Mereka hidup bersama dan saling kerja keras. Tujuannya adalah untuk menghasilkan madu terbaik. Lebah adalah hewan yang selektif. Mereka hanya akan menghasilkan madu dari nektar terbaik. Maka etos kerja dan kekompakan lebah diabadikan dalam al Qur'an surah an Nahl. Jika dikontekstualkan dalam demokrasi tentu akan menghasilkan pengertian sebuah usaha untuk menggapai sesuatu lewat jalan kebaikan.
Jadi pada prinsipnya demokrasi bukan jalan pintas dan menghalalkan segala cara. Seperti halnya musyawarah, demokrasi bertumpu pada kepentingan rakyat. Sehingga satu dari sekian cara melihat keresahan rakyat adalah lewat demokrasi. Islam adalah agama yang menempatkan kepentingannya untuk semua. Maka dalam Islam dikenal dengan jargon Rahmatan Lil Alamiin. Islam juga mengajak umatnya untuk berpikir esensi daripada materi. Prof Quraish Shihab bertanya lebih baik mana demokrasi yang melahirkan pemimpin diktator atau kepemimpinan otoriter tapi mensejahterakan rakyat?
Pertanyaan itulah yang sesungguhnya membutuhkan jawaban bagi kita semua. Sama halnya dengan peristiwa apakah dipimpin non muslim adil lebih baik dari pemimpin muslim tapi semena-mena. Dalam konteks pemimpin memang penting misalnya pemimpin non muslim satu malam lebih baik daripada tidak ada pemimpin. Jadi intinya Islam mengenal demokrasi dengan istilah musyawarah. Sebuah konsep yang bertumpu pada kesejahteraan, keadilan, etika moral, integritas dan berbasis ketuhanan.
Jadi jika setiap orang mampu membaca akan arti penting musyawarah maka tidak ada alasan pemimpin untuk jahat pada rakyat. Sebab orientasi utama seorang pemimpin kepada rakyatnya adalah membawa kemakmuran. Karena pemimpin adalah akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya.[]
the woks institute l rumah peradaban 9/4/24
Komentar
Posting Komentar