Langsung ke konten utama

Mengingat Bahasa dan Komunikasi Anak Yang Unik




Woks

Orang tua akan mengingat perkembangan anak berdasarkan banyak hal karena setiap anak punya keistimewaan tersendiri termasuk dalam bahasa. Awal mula anak belajar bicara misalnya menjadi hal yang menarik untuk diamati karena tidak semua fase ini dilalui oleh anak. Maka jangan heran jika masih sering kita jumpai anak-anak yang terganggu perkembangan bahasanya ketika bicara mungkin karena banyak faktor misalnya alasan genetik, medis hingga kecelakaan.

Bahasa anak yang lucu itu tentu kita catat perkembangan terutama hingga mereka masuk ke bangku sekolah. Saat balita anak sangat mudah menangis bahkan hingga mereka di sekolah dasar pun tangis masih sering kita jumpai. Jangan salah mengartikan bahwa tangisan tidak selamanya negatif justru lewat menangislah sejatinya ia berkomunikasi. Karena ketidakmampuan untuk mengungkapkan perasaan lewat bahasa maka menangis adalah pilihan yang praktis dalam menyampaikan sesuatu.

Jika tahu kadang kita mungkin berpikir mengapa fase perkembangan bahasa dan gaya komunikasi mereka tak jauh berbeda dengan orang yang kini telah dewasa. Dulu ketika masih kanak-kanak seolah-olah kita pun pernah melewati satu komunikasi bahasa yang sama. Misalnya untuk tidak disebut nakal kadang anak-anak melakukan komunikasi dengan menuliskan sesuatu di meja, tembok, pintu wc, hingga pepohonan. Mereka menuliskan apa saja biasanya menggunakan tipe x, tinta, atau pecahan genting. Dari komunikasi itulah kita melihat mereka seolah-olah tengah menjadi seniman jalanan. Aksi vandalisme memang masih menjadi bagian dari cara berkomunikasi. Seberapa pun tidak pentingnya hal itu yang jelas bahasa anak-anak begitu terlihat homogen karena belum terbukanya pikiran mereka secara utuh. Yang mereka lakukan hanya baru ditahap meniru. Apa yang pernah orang dewasa lakukan anak-anak akan cenderung menirunya.

Kecenderungan imitatif memang bisa menjadi faktor terkait perkembangan bahasa anak. Jika di lingkungan yang sering berkata kotor maka anak pasti akan menirunya begitu pula sebaliknya. Maka tidak aneh jika lingkungan sangat berpengaruh dalam menciptakan karakter. Pepatah lawas berkata jika ingin tahu seseorang maka lihatlah temanya.

Selanjutnya kita juga mengingat bahwa anak-anak itu jiwanya kreatif. Walaupun saat ini gadget dan media sosial sudah sangat masif dengan mereka akan tetapi faktanya ketika di kelas anak-anak ada yang sering surat-suratan. Media surat dengan tulisan sederhana itu menjadi cara mereka berkomunikasi dengan anak lainya. Entah surat yang kita sebut sebagai bahasa cinta monyet atau sekedar iseng bermain tebak-tebakan. Yang jelas anak-anak begitu menikmatinya. Bahkan kadangkala ketika di Pramuka, anak-anak malah diajari penggunaan bahasa sandi dengan berbagaimacam ekspresi. Mereka saling bertukar gagasan dengan sekehendaknya dan orang dewasa tidak bisa mendikte mereka.

Satu lagi yang tak kalah menarik yaitu bahasa Pulogo. Penggunaan bahasa Pulogo entah sejak kapan mereka ketahui akan tetapi saat kita kanak-kanak juga pernah menggunakan bahasa ini secara alamiah. Entah karena dampak media atau keseringan mengingat hal unik sehingga kita dengan mudah melafalkan bahasa itu. Uniknya antar satu dengan lainya sama-sama memahaminya. Misalnya untuk mengatakan "kamu mau ke mana", bahasa Pulogonya "kagamugu magumugu kegemaganaga" atau "ayo kita makan bareng", "agayogo kigitaga magakagan bagaregeng". Jika kita mau menyelami dunia anak pastinya masih banyak ditemui bahasa lain yang unik selain bahasa pulogo.

Inilah salah satu potret bahasa anak yang menarik. Jika orang tua sadar akan potensi dan bakat anak pasti mereka lebih hati-hati dalam memberikan pendidikan pada mereka. Karena setiap anak itu dilahirkan dengan membawa potensinya maka kadangkala saya sering berpikir andai kita bisa diberi kemampuan mencatat bahasa anak yang unik itu pasti kita memiliki kamus yang kaya tentang kecakapan berbicara, berbahasa pada anak.

the woks institute l rumah peradaban 3/4/21


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Bukber PKBM Pilar Papat Panggungrejo

Woko Utoro Dua hari sebelum hari raya saya diundang oleh Pak Toni yang tak lain merupakan founder PKBM Pilar Papat Panggungrejo. Kami kenal begitu singkat yaitu saat beliau narik ojek online Maxim. Ya, Pak Toni adalah driver Maxim sekaligus teman baru saya yang bertemu ketika mengantar teman sepulang dari rumah sakit. Singkat kisah Pak Toni bercerita seputar kegiatan pengelolaan pendidikan khusus anak berkebutuhan. Hingga akhirnya pertemuan kami berlanjut di warung kopi depan Bravo. Kami ngobrol ngalor ngidul hingga akhirnya sampai di tanggal 8 April saya diajak untuk hadir dalam acara metri atau launching PKBM Pilar Papat. PKBM Pilar Papat merupakan pusat kegiatan belajar menyenangkan yang didirikan Pak Toni bersama beberapa kawannya. PKBM Pilar Papat terletak di Desa Panggungrejo arah Karangduren menuju SMA 1 Tulungagung. Atau selatannya PP Al Istighotsah Panggungrejo. Menurut Pak Toni PKBM Pilar Papat tersebut didirikan atas kesadaran bahwa ada anak-anak yang butuh perhatian khusus.

Catatan Srawung Buku Anak Merdeka di Warkop Ngaji Ngopi

Woko Utoro Saya sangat senang ketika bergabung dalam acara Srawung Buku. Kebetulan saya bertindak sebagai penanggap buku. Sebuah tugas yang tentunya kali pertama ini saya kerjakan. Sebelumnya saya hanya sebagai moderator ataupun narasumber. Tapi ini menjadi pembelajaran buat saya kedepannya. Agar selalu siap dalam berbagai posisi.  Mba Fafa sebagai founder Komunitas Belajar Melati Sinebar sekaligus moderator acara Srawung Buku mengajak saya bersama narasumber lainnya dalam diskusi. Di antaranya penanggap buku pertama yaitu Mba Deni (Founder Komunitas Aku Bisa Menulis (ABM) dan tentunya penulis buku Anak Merdeka Mas Narno dan Mba Ulya.  Malam itu di warung Ngaji Ngopi kami pun berdiskusi begitu gayeng. Sampai-sampai waktu berlalu begitu cepat. Hingga akhirnya kami bicara seputar buku Anak Merdeka. Buku yang ditulis terutama ketika masa pandemi. Buku yang dalam hemat saya menarik dan perlu terus dikembangkan.  Buku Anak Merdeka berisi catatan pengasuhan anak yang memerdekakan. Pengasuhan