Langsung ke konten utama

Sebuah Catatan: Majelis Dzikir Al Khidmah Dalam Rangka Dies Maulidiyah MAKTA IAIN Tulungagung ke-8




Woks

Alhamdulillah saya bisa hadir dalam acara majelis dzikir dan maulidurrasul saw dalam rangka Dies Maulidiyah Majelis Al Khidmah IAIN Tulungagung ke-8 (11/4/21). Acara ini biasa dihelat di kampus karena suasana pandemi maka mengharuskan memindahnya. PPTQ al Hidayah Plosokandang menjadi pilihan menempatkan acara yang sakral ini.

Sejak awal hingga akhir acara saya sudah menyiapkan pena melalui note hp untuk mencatat setiap ilmu yang ada. Ketika mauidhoh hasanah yang disampaikan KH. Anang Muhsin (Pengasuh PP Lirboyo Ngranti Gondang) barulah pena itu menuliskan catatannya. Kata beliau alhamdulillah turut bahagia karena masih ada pemuda di zaman ini yang masih senang dan terus menghidupkan majelis dzikir. Karena tidak semua orang paham akan esensi majelis dzikir tersebut. Padahal jika tau bahwa majelis dzikir itu ibarat mutiara yang lagi-lagi tidak setiap orang paham maknanya. Seperti halnya sapi yang lebih mementingkan rumput dan seharusnya manusia memilih mutiara daripada rumput. Kata beliau jika pemuda masih mau bergerak setidaknya kita merasa bahagia karena di tangan pemuda urusan umat, di telapak kaki pemuda nasib bangsa berada.

Beliau juga memotivasi kita dengan menceritakan proses menimba ilmunya Syaikh Abdul Qadir Jailani. Tentu kita tahu bahwa beliau Syaikh Abdul Qadir Jailani menimba ilmu sejak kecil padahal saat itu ibunya masih menaruh kekhawatiran. Akhirnya ketika ibunya ridho dengan proses menimba ilmu tersebut maka berangkatlah Abdul Qadir Jailani kecil dengan membawa 40 dirham uang yang diletakan di saku dalam bawah ketiak. Ia juga dipesani sang ibu untuk berlaku jujur kepada siapapun. Dengan kejujuran itulah dalam sejarah beliau mampu menaubatkan penjahat yang akan merampok uangnya.

Kejujuran, rasa semangat dalam menimba ilmu serta keridhoan dari sang ibu justru menjadi kunci diangkatnya derajat Syaikh Abdul Qadir Jailani menjadi kekasihNya. Tak kalah masyurnya yaitu kisah Syaikh Abdul Qadir Jailani mendapat suara ghaib berupa pembebasan diri untuk boleh tidak melakukan shalat (syariat). Hingga akhirnya dalam sejarah Syaikh Abdul Qadir Jailani mengetahui bahwa semua itu adalah ulah syeitan yang menggoda.

Dalam kitab Irsyadul Ibad justru diterangkan bahwa syariat itu adalah haqqul ubudiyah. Termasuk dalam kitab Kifayatu Adzkia diterangkan bahwa selama masih hamba kita tetap berkewajiban beribadah. Maka dawuh Syaikh Abdul Qadir Jailani benar "wong Kanjeng Nabi Muhammad saw yang ma'sum dan dijamin masuk syurga masih melakukan ibadah, apalagi cuma saya". Maka dari sanalah kecurigaan beliau bahwa semua hanya tipu daya syeitan.

Salah satu keistimewaan Syaikh Abdul Qadir Jailani sehingga menjadi shultanul auliya ialah amalan beliau yaitu melanggengkan wudhu (daimul wudhu) setidaknya selama 40 tahun. Hal itu diungkapkan oleh khodamnya yaitu Syaikh Abdul Fattah al Harawi bahwa beliau shalat shubuh dengan wudhu dari shalat isya. Hal itu pula yang pernah dilakukan oleh sahabat Bilal bin Rabah yang selalu sholat sunnah wudhu dan menjadikannya istimewa di mata Kanjeng Nabi Muhammad saw. Bahkan konon terompah sahabat Bilal sudah terdengar di syurga.

Salah satu hal yang menjadi karomah Syaikh Abdul Qadir Jailani yaitu lalat tidak mau hinggap ke tubuh beliau alasanya karena ibadahku bukan untuk menuju manisnya dunia, melainkan semua karena Allah semata. Hal itu seperti yang diungkapkan Syaikh Ibnu Athaillah Syakandary dalam Hikamnya bahwa jangan sampai kita berjalan dari mahluk ke mahluk (irhal min kaun minal muqawwin), berjalanlah hanya kepada Allah.

Terakhir beliau juga termasuk orang yang sangat sayang kepada faqir miskin bahkan rela duduk bersama mereka. Hal itu didasari karena idola beliau adalah Rasulullah SAW. Maka dari itu agar kita juga ikut dalam rombongan beliau selalulah bershalawat dan berkunajat wasilah beliau. Minimal kita berdoa kepada Allah, الهم من الكاتوتين.

the woks institute l rumah peradaban 13/4/21

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bocil FF Belajar Ziarah

Woko Utoro Beberapa hari lalu saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi Maqbarah Tebuireng. Dari banyak pertemuan saya ziarah ke sana ada pemandangan berbeda kali ini. Saya melihat rombongan peziarah yang tak biasa yaitu anak-anak TK atau RA. Pemandangan indah itu membuat saya bergumam dalam hati, "Kalau ini mah bukan bocil kematian tapi bocil luar biasa, sholeh sholehah". Sebagai seorang sarjana kuburan (sarkub) dan pengamat ziarah tentu saya merasa senang dengan pemandangan tersebut. Entah bagaimana yang jelas para bocil berziarah adalah sesuatu yang unik. Jika selama ini dominasi peziarah adalah orang dewasa maka zairin bocil FF adalah angin segar khususnya bagi keberagamaan. Lebih lagi bagi jamiyyah NU yang selama ini setia dengan tradisi ziarah kubur. Saya melihat seperti ada trend baru terkhusus bagi peziarah di kalangan siswa sekolah. Jika santri di pesantren ziarah itu hal biasa. Tapi kini siswa sekolah pun turut andil dalam tradisi kirim doa dan ingat mati itu. Wa...

Pecinta Amatiran

Woko Utoro  Kiai M. Faizi pernah ditanya apa yang ingin beliau lakukan setelah memahami sastra. Kata beliau, "Saya ingin menjadi amatir". Bagi Kiai M. Faizi menjadi amatir berarti tidak akan disebut mahir. Orang amatir akan selalu dianggap masih belajar. Orang belajar bisa saja salah. Walaupun begitu salah dalam belajar akan disebut wajar. Berbeda lagi ketika orang disebut mampu alias mumpuni. Masyarakat menganggap jika orang ahli bahkan profesional haruslah perfect. Mereka selalu dianggap tak pernah salah. Dan memang sesuai dengan pikiran kebanyakan orang jika sempurna itu harus tanpa noda. Akibat stigma ahli dan profesional masyarakat berespektasi harus sempurna. Masyarakat lupa bahwa setiap orang tidak bisa menghindar dari celah. Dalam arti bahwa setiap orang bisa saja pernah salah. Soal ini tentu yang terbaru adalah kasus Gus Miftah. Kasus Gus Miftah dianggap menghina pedagang es teh karena umpatan gobloknya menjadi viral. Pertanyaan kita mengapa netizen selalu brutal dal...

Zakat Sebagai Sarana Ritual dan Kesehatan

Woks Secara bahasa zakat berarti suci, berkembang, dan berkah. Dalam istilah fikih zakat berarti harta yang wajib dikeluarkan dari kepemilikan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada yang berhak menerimanya dengan aturan syariat. Dalam agama apapun zakat telah disyariatkan walaupun cara dan subjek wajib zakatnya sedikit berbeda. (Syahruddin, 2014:73) Sebagaimana yang tercatat dalam sejarah, zakat baru disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah walau dalam al Qur'an telah dijelaskan sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu juga telah mengenal zakat. Setiap Nabi memiliki cara zakatnya tersendiri seperti zaman Nabi Musa yang memerintahkan menzakati hewan ternak seperti unta, kambing dan lembu. Bahkan Nabi Musa juga pernah meminta agar Qorun mengeluarkan zakatnya. Zaman Nabi Isa pun tak jauh berbeda yaitu meminta orang-orang yang kaya untuk mengeluarkan zakatnya kepada yang miskin. Saat ini kita masih mengikuti syariat zakat yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw dengan penje...