Langsung ke konten utama

Pod-Writes bersama Mas Agus Novel Mukholis: Membumikan Literasi Sekolah Untuk Menggali Potensi Siswa




Pod-writes kali ini akan membincang tentang kegiatan literasi yang ada di sekolah. Seberapa pentingnya dan bagaimana menerapkannya. Mari kita belajar bersama karena kita kedatangan tamu dari Bumi Blambangan, mari berbincang hangat dan semoga dapat menginspirasi.

Jurnalis TWI: Menurut Mas Novel literasi itu seperti apa sih?

Mas Novel: Ini menurut saya loh ya yang bukan ahli apa-apa, cuma manusia awam yang tertarik sama indahnya kehidupan, literasi yang dimaknai tentu tentang dunia pengetahuan, lebih disempitkan lagi pada kegiatan membaca, menulis, menelaah, menganalisa, meneliti, menyimpulkan, mengilmiahkan, dan apapun itu bentuk istilahnya yang mengarah kepada satu konsep mengenai pengetahuan untuk perubahan tatanan peradaban manusia. Tapi ternyata tanpa disadari Tuhan pun memberikan perangkat yang lengkap untuk kita berliterasi. 

Kehidupan adalah ruang luas untuk kita berliterasi. Maka tak heran jika wahyu yang pertama kali turun adalah "iqro", itu lebih luas maknanya dari hanya sekedar membaca.

Jurnalis TWI: Apa pentingnya berliterasi di dunia sekolah?

Mas Novel: Penting banget. Biar ada bedanya antara sekolah beneran atau cuma nongkrong ngecengin cewek (guyon). hehe

Istilah "sekolah" sendiri pun juga bagian dari kegiatan literasi kan.

Jurnalis TWI: Mengapa harus literasi mas. Bukan ekstra olahraga misalnya yang diutamakan atau gimana pandangan mas terkait ini?

Mas Novel: Nah ini kebiasaan kita dunia ilmu pengetahuan (katanya), selalu mengkotak-kotakkan istilah yang sebenarnya dalam satu konsep dipaksa untuk beda jauh dan tidak mungkin ada kaitannya. Sehingga ada istilah akademik dan non akademik. Padahal kan olahraga bagian dari akademik. Kalau olahraga bagian dari akademik ia juga bagian dari literasi.

Kenapa kok olahraga bagian dari literasi..??

Ya jelas lah, kan olahraga adalah bentuk dari aplikasi kesadaran kita mengenai pentingnya kesehatan dan dinamisnya kinerja tubuh. 

Jurnalis TWI: Sepertinya ada yang perlu dikritisi dalam tubuh Kemendikbud?

Mas Novel: Wah memang bener mas. Sehingga ada sebutan ke anak didik, "oh dia tidak pandai di bidang akademik, Ia pandainya di bidang non akademik". Halooo kalau non akademik kenapa kegiatan olahraga mereka masukan di kurikulum sekolah.

Jurnalis TWI: Kira-kira bagaimana cara atau strategi agar kegiatan berliterasi membumi di sekolah mas?

Mas Novel: 1. Kita melakukan apapun yang bisa kita lakukan, walau bukan bidang kita. Kalau nunggu mampu sampai kapanpun tidak akan bergerak. Karena kita selalu merasa belum mampu. Kalau kita bergerak dulu, ambil usaha dulu, nanti selama proses itu Allah yang akan memampukan kita.

2. Kompori siswa untuk mencintai dirinya sendiri, mencintai Tuhannya lewat jalur mencintai keilmuan. Kalau seperti itu siswa akan menempuhnya dengan kendaraan yang bernama "literasi".

3. Dekati pihak-pihak yang punya kuasa dan wewenang lebih untuk mendukung usaha kita dalam membumikan literasi.

Jurnalis TWI: Selama ini kegiatan berliterasi apa yang sudah dilakukan bersama siswa mas?

Mas Novel: 1. Pelatihan Menulis.
2. Dimuatnya tulisan siswa di Jawa Pos Radar Banyuwangi, hingga saat ini sudah ada hampir 20 tulisan siswa yang dimuat.
3. Menulis buku antologi cerpen dan puisi yang diwadahi oleh Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Indonesia.
4. Pojok Literasi dan Kajian rutin dengan nama Man Nahnu, filosofisnya sesuai arti programnya yaitu mengenal siapa kita, sebagai manusia, siswa, anak, dll.

Jurnalis TWI: Literasi terutama di sekolah apakah tujuan puncaknya hanya membuat buku mas? trus pendapat jenengan bagaimana?

Mas Novel: Bukan mas, buku hanya sebagai bentuk keseriusan siswa dan wadah siswa dalam menorehkan karyanya. Sehingga lebih termotivasi untuk terus berkarya. Tujuan puncaknya ya agar mereka mencintai buku, mencintai ilmu, dan berusaha mengenal diri sendiri.

Jurnalis TWI: Ok Mas terakhir tips & trik atau pesan untuk sekolah yang akan merintis kegiatan literasi agar hidup di sekolah.

Mas Novel: Yang penting action mas. Memberikan contoh dulu sebelum kita mengajak siswa. Lalu Istiqomah, maksudnya jangan sampai semangatnya di awal saja. Tapi terus dinyalakan semangatnya, walau seperti apapun hasilnya, responnya harus baik. Tidak peduli menerima apresiasi atau hujatan, yang penting tetap action dalam kebaikan. Terus saja berbuat kebaikan termasuk dalam bidang literasi, sampai kita lupa akan dapat apa kita ke depannya.

the woks institute l rumah peradaban 12/4/21

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Bukber PKBM Pilar Papat Panggungrejo

Woko Utoro Dua hari sebelum hari raya saya diundang oleh Pak Toni yang tak lain merupakan founder PKBM Pilar Papat Panggungrejo. Kami kenal begitu singkat yaitu saat beliau narik ojek online Maxim. Ya, Pak Toni adalah driver Maxim sekaligus teman baru saya yang bertemu ketika mengantar teman sepulang dari rumah sakit. Singkat kisah Pak Toni bercerita seputar kegiatan pengelolaan pendidikan khusus anak berkebutuhan. Hingga akhirnya pertemuan kami berlanjut di warung kopi depan Bravo. Kami ngobrol ngalor ngidul hingga akhirnya sampai di tanggal 8 April saya diajak untuk hadir dalam acara metri atau launching PKBM Pilar Papat. PKBM Pilar Papat merupakan pusat kegiatan belajar menyenangkan yang didirikan Pak Toni bersama beberapa kawannya. PKBM Pilar Papat terletak di Desa Panggungrejo arah Karangduren menuju SMA 1 Tulungagung. Atau selatannya PP Al Istighotsah Panggungrejo. Menurut Pak Toni PKBM Pilar Papat tersebut didirikan atas kesadaran bahwa ada anak-anak yang butuh perhatian khusus.

Catatan Srawung Buku Anak Merdeka di Warkop Ngaji Ngopi

Woko Utoro Saya sangat senang ketika bergabung dalam acara Srawung Buku. Kebetulan saya bertindak sebagai penanggap buku. Sebuah tugas yang tentunya kali pertama ini saya kerjakan. Sebelumnya saya hanya sebagai moderator ataupun narasumber. Tapi ini menjadi pembelajaran buat saya kedepannya. Agar selalu siap dalam berbagai posisi.  Mba Fafa sebagai founder Komunitas Belajar Melati Sinebar sekaligus moderator acara Srawung Buku mengajak saya bersama narasumber lainnya dalam diskusi. Di antaranya penanggap buku pertama yaitu Mba Deni (Founder Komunitas Aku Bisa Menulis (ABM) dan tentunya penulis buku Anak Merdeka Mas Narno dan Mba Ulya.  Malam itu di warung Ngaji Ngopi kami pun berdiskusi begitu gayeng. Sampai-sampai waktu berlalu begitu cepat. Hingga akhirnya kami bicara seputar buku Anak Merdeka. Buku yang ditulis terutama ketika masa pandemi. Buku yang dalam hemat saya menarik dan perlu terus dikembangkan.  Buku Anak Merdeka berisi catatan pengasuhan anak yang memerdekakan. Pengasuhan