Oleh: Woko Utoro*
Pernah ada yang bercoletah bahwa jika ingin melihat karakter asli anak maka lihatlah di bulan ramadhan. Di bulan ini disebut juga bulan panen karena setiap pahala akan dilipatgandakan bahkan maghfirah turun dengan derasnya. Magfirah tersebut ibarat sebuah remisi bagi para napi untuk mendapat pengurangan hukuman. Saat inilah ramadhan bagi anak-anak justru di anggap sebagai momen bermain sepanjang waktu apalagi mereka masih sebagai individu yang mencari arti dari ibadah ramadhan seperti hal puasa, tarawih dan zakat. Maka pantas sebuah syair dari Bimbo berbunyi " ada anak bertanya pada bapaknya/ buat apa berlapar-lapar puasa/ ada anak bertanya pada bapaknya tadarus tarawih apalah gunanya".
Waktu kecil tentu kita dapati masjid mushola tak pernah sepi dari aktivitas anak mulai dari ngepel, menadhomkan syair, ngaji, sholawatan, hingga tiduran. Semua terasa asyik dan gegap gempita. Tidak jarang salah satu tokoh besar sekaliber dai kondang Dr. KH. Jujun Junaedi, M. Ag merupakan alumnus dari pendidikan tajug/mushola. Bagi beliau lewat pendidikan berbasis masjid utamanya di bulan ramadhan justru sangat efektif dalam mengkader karakter anak. Dari tempat itu anak akan terbentuk kepribadian yang sederhana, pengertian, bertanggungjawab, dan tangguh.
Era 80an dianggap sebagai zaman yang subur karena banyak tokoh-tokoh yang lahir dari pengkaderan masjid. Saya mungkin belum bisa mendata siapa saja tokoh besar yang pernah mengenyam atau memiliki pengalaman mencecap pendidikan masjid. Yang jelas persinggungan itu mudah saja ditebak karena zaman dulu anak dan masjid begitu dekat apalagi saat ramadhan tiba. Tapi zaman sekarang mungkin seribu satu karena anak-anak telah dikuasai gadget dan serangan media sosial.
Ketika akan diberlakukannya penghapusan mata pelajaran agama di sekolah era Mentri Daud Joesoef beliau memandangnya sederhana bahwa zaman dulu pengajaran agama dianggap sukses melalui masjid mushola bukan di sekolah. Akan tetapi pada saat itu wacana tersebut urung diwujudkan karena masyarakat sudah terlanjur naik darah: menolak. Bagaimanapun juga apa yang dikatakan Mendikbud Daud Joesoef ada benarnya karena kita tahu masjid saat ramadhan menjadi kiblat anak-anak dikader dalam hal akhlak dan keilmuan agama. Mereka bisa lebih dekat dengan qur'an, sholawat, hingga ngaji kilatan kalangan pesantren menyebutnya ngaji pasanan.
Saya juga semakin yakin bahwa di balik suksesnya tokoh dari Minangkabau tak lain karena kaderisasi suraunya yang begitu kuat, termasuk melalui meunasah di Nanggroe Aceh Darussalam. Tokoh ulama seperti Syeikh Khatib Minangkabau, Syeikh Sulaiman Ar Rasuli, Buya Hamka, KH. Agus Salim hingga Bung Hatta juga tak bisa dipisahkan dari pendidikan surau melalui para gurunya. Bahkan pendiri NU Hadratus Syeikh KH Hasyim Asy'ari pun juga merupakan kader Masjid Gedang asuhan ayahnya KH. Asy'ari.
Saat ini seharusnya kita kembali melirik anak dan masjid untuk didekatkan lagi utamanya di bulan ramadhan ini. Konsep ala pawiyatan selama 24 jam bisa kita hidupkan lagi minimal anak lebih mencintai masjid ketimbang gadget yang melenakan itu. Orang tua hanya memantau dari jauh sedangkan selebihnya diserahkan kepada guru untuk ditarbiyah agar mereka bisa semangat dalam belajar dan ibadah.
Mengapa harus masjid? karena melalui tempat itulah sesuatu yang besar dijanjikan Allah lewat sabda Baginda Rasulullah bahwa salah seorang yang kelak akan dinaungi oleh Allah di akhirat yaitu "seseorang yang hatinya tergantung di dalam masjid ketika ia berada di luar masjid hingga ia kembali lagi ke masjid". Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tapi juga sebagai pusat peradaban, pendidikan dan simbol ketakwaan. Semoga kita senantiasa menghidupkan ramadhan dengan berbagai macam amalan dan memakmurkan masjid dengan ragam kegiatan keislaman.
*Alumnus Tasawuf Psikoterapi IAIN Tulungagung. Kini mukim di SD Islam Al Azhaar Tulungagung.
*Tulisan ini dimuat di koran Jawapos Radar Tulungagung
Komentar
Posting Komentar