Langsung ke konten utama

Tasawuf Sebagai Jalan Pembebas Problematika Kehidupan




Woks

Belum banyak kita jumpai buku-buku berjenre keislaman utamanya tasawuf yang dimaknai lewat fungsi praksisnya. Selama ini buku-buku bertema tasawuf masih terlahir sebagai sebuah narasi, metodologi, teoritis hingga sebagai pengetahuan yang sulit dipahami. Apalagi orang-orang masih meyakini bahwa tasawuf disalahpahami karena terjadi sinkretis dengan ajaran lain di luar Islam, pun seperti halnya filsafat yang selalu dianggap sesat.

Saya kira kita menyambut baik dengan hadirnya buku Antologi Serpihan Perahu (2021) ini. Buku yang tergolong mini ini tentu ikut berkontribusi dalam menjawab problematika kehidupan di antaranya masalah sosial, ekonomi, ekologi, teknologi, moderasi, perempuan, hingga moralitas. Buku yang ditulis di tengah pandemi ini bisa menjadi rujukan sekaligus refleksi di mana sesungguhnya kita berada. Termasuk mengapa manusia tidak mudah menerima ketika bencana tiba, padahal sebagian dari musibah itu akibat ulah tangan mereka sendiri. Melalui buku ini mari kita sejenak berkaca bahwa usaha pongah manusia memang sumber segala bencana.

Respon dari buku ini di antaranya ketika kita kebingungan bagaimana cara meminimalisir budaya konsumtif masyarakat sedangkan tasawuf justru telah berperan sejak lama. Imam al Ghazali misalnya melalui konsep 'Ala Qadr Al Hajat dapat diketengahkan sebagai usaha untuk mengurangi makan. Dalam buku ini konteks utamanya ialah soal deforestasi yang terjadi di berbagai wilayah khususnya Indonesia timur seperti di Papua. (hlm. 1)

Masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tentu berkorelasi dengan budaya komsumtif dan jumlah permintaan pasar yang kian hari semakin meningkat. Misalnya kelapa sawit yang kian hari semakin banyak permintaannya dengan berbagai produk hasil olahanya seperti minyak, margarin, cream dan lainya. Dari itulah jika masyarakat sadar akan laku sufi yaitu menekan kebutuhan alias hidup secukupnya saja. Misalnya kebutuhan itu diatur sesuai dengan porsinya tidak berlebihan pastinya semua masalah yang berkaitan dengan nafsu perut bisa ditekan bahkan kita bisa mengurangi jumlah kebutuhan yang ada di alam. (hlm 5)

Konsep ekosufisme juga tak kalah menariknya dalam merespon perubahan iklim pun termasuk menyadarkan kita betapa rusaknya ekologi dasar laut di mana hampir 75% terumbu karang keadaanya sangat kritis. Seyyed Hosen Nasr berpendapat bahwa penyebab rusaknya alam kita adalah akibat sainstek, dan ekonomi kapitalis yang merupakan produk krisis spiritual manusia. (hlm. 19). Ekosufisme sesungguhnya ingin memberi pemahaman bahwa memadukan kesadaran berlingkungan berketuhanan adalah harmonisasi yang sangat penting. Bahkan konsep Wihdat al Wujud menurut Prof Mulyadi Kertanegara adalah segala macam mahluk dan benda yang merupakan manifestasiNya. Tetapi Tuhan yang dimaksud adalah bukan Dzat-Nya melainkan sifat-sifat-Nya yang indah. Sehingga alam semesta dapat dikatakan sebagai aspek lahiriyah Tuhan. (Mulyadi: 2006).

Tulisan dalam buku ini pula turut mengomentari praktek moderasi beragama yang semakin luntur. Masyarakat masih sering tersulut emosi dan masih elergi terhadap perbedaan. Praktek saling menghormati dan menghargai menjadi tampak tidak dewasa karena faktor ultra-konservatif dan liberal, padahal dengan moderasi tujuanya adalah mengikis dua kutub ekstrem tersebut. (hlm. 24) Moderasi seperti yang kita tahu tentu sangat penting penerapanya apalagi di tengah ruang masyarakat yang kian hari semakin menunjukkan rintanganya dan diperparah lagi karena keberadaan media yang penuh simpang-siur.

Tasawuf sebagai dimensi esoteris Islam sesungguhnya ingin menawarkan cara pandang menarik mengenai moderasi beragama. Melalui tasawuf, seseorang akan menemukan bahwa tiap agama memiliki titik temu pada tingkatan tertentu, di mana hal itu dapat ditemukan pada aspek metafisis dan dimensi esoteris agama. (hlm. 25). Sayangnya dalam konteks terbaru kalangan ekstrimis tidak menyukai sesuatu yang berbau esoteris sehingga mereka hanya dikendalikan oleh pemahaman tekstual, rigid dan kaku. Maka tidak salah jika dalam memahami ayat jihad misalnya, mereka cenderung mengartikannya dengan leterlek.

Moderasi beragama termasuk upaya deradikalisasi tentu sangat penting ditanamkan sejak dini. Agar orang-orang sadar akan bahayanya ideologi ekstrimis yang tengah mengancam ruang demokrasi kita. Tasawuf tentu berperan besar dalam membuka peta pemikiran kita agar semakin sadar bahwa pengetahuan agama ini begitu luas. Mempelajari agama hanya dari satu pintu saja maka sangat rawan termakan indoktrinasi ideologi yang mudah membidahkan, spirit absolut tapi brutal dan gerakan teror hingga bunuh diri. Hal tersebut tentu didasari pemahaman agama yang rapuh.

Kita tidak bisa memahami agama secara parsial justru belajarlah agama dengan konfrehensif sesuai dengan zamanya. Andai setiap orang mau tau bahwa, mengutip Abu Said Abu Al Khair jalan menuju Tuhan itu sebanyak tarikan nafas maka mereka akan memperhatikan dengan seksama bahwa semua mahluk yang ada di muka bumi ini adalah dalam rangka memakmurkan kehidupan bukan mengacaukan. Sungguh kerusakan di darat dan laut semua karena ulah tangan manusia (Ar Rum: 41). [ ]

Judul Buku: Serpihan Perahu (20 Essay Pilihan dalam Rangka Tasawuf Psikoterapi Essay Competition 2020)

Penyelaras Akhir: Saiful Mistofa

Penerbit: SATU Press

Tebal buku: vii+156 hlm: 14×21 cm

Tahun Terbit: 2021

ISBN: 978-623-95732-1-8


the woks institute l rumah peradaban 19/4/21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Bukber PKBM Pilar Papat Panggungrejo

Woko Utoro Dua hari sebelum hari raya saya diundang oleh Pak Toni yang tak lain merupakan founder PKBM Pilar Papat Panggungrejo. Kami kenal begitu singkat yaitu saat beliau narik ojek online Maxim. Ya, Pak Toni adalah driver Maxim sekaligus teman baru saya yang bertemu ketika mengantar teman sepulang dari rumah sakit. Singkat kisah Pak Toni bercerita seputar kegiatan pengelolaan pendidikan khusus anak berkebutuhan. Hingga akhirnya pertemuan kami berlanjut di warung kopi depan Bravo. Kami ngobrol ngalor ngidul hingga akhirnya sampai di tanggal 8 April saya diajak untuk hadir dalam acara metri atau launching PKBM Pilar Papat. PKBM Pilar Papat merupakan pusat kegiatan belajar menyenangkan yang didirikan Pak Toni bersama beberapa kawannya. PKBM Pilar Papat terletak di Desa Panggungrejo arah Karangduren menuju SMA 1 Tulungagung. Atau selatannya PP Al Istighotsah Panggungrejo. Menurut Pak Toni PKBM Pilar Papat tersebut didirikan atas kesadaran bahwa ada anak-anak yang butuh perhatian khusus.

Catatan Srawung Buku Anak Merdeka di Warkop Ngaji Ngopi

Woko Utoro Saya sangat senang ketika bergabung dalam acara Srawung Buku. Kebetulan saya bertindak sebagai penanggap buku. Sebuah tugas yang tentunya kali pertama ini saya kerjakan. Sebelumnya saya hanya sebagai moderator ataupun narasumber. Tapi ini menjadi pembelajaran buat saya kedepannya. Agar selalu siap dalam berbagai posisi.  Mba Fafa sebagai founder Komunitas Belajar Melati Sinebar sekaligus moderator acara Srawung Buku mengajak saya bersama narasumber lainnya dalam diskusi. Di antaranya penanggap buku pertama yaitu Mba Deni (Founder Komunitas Aku Bisa Menulis (ABM) dan tentunya penulis buku Anak Merdeka Mas Narno dan Mba Ulya.  Malam itu di warung Ngaji Ngopi kami pun berdiskusi begitu gayeng. Sampai-sampai waktu berlalu begitu cepat. Hingga akhirnya kami bicara seputar buku Anak Merdeka. Buku yang ditulis terutama ketika masa pandemi. Buku yang dalam hemat saya menarik dan perlu terus dikembangkan.  Buku Anak Merdeka berisi catatan pengasuhan anak yang memerdekakan. Pengasuhan