Langsung ke konten utama

Beberes Umah: Sebuah Refleksi Menjelang 1 Abad NU


Woks

Tidak terasa usia NU akan semakin sepuh. Usia yang terbilang tidak muda lagi untuk sebuah organisasi yang didirikan tahun 1926 tersebut. Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan peninggalan para sesepuh itu, NU telah banyak melewati berbagaimacam hal seperti perlawanan terhadap rezim otoritarian, penerimaan dasar negara Pancasila, kembali ke khittah 26, mengonsep negara Darussalam, menjembatani konflik rasial, memutuskan relasi muslim dan non-muslim, rekonsiliasi dan dukungan buat Palestina, menolak gagasan full day school, komitmen mengawal setia pluralisme dan NKRI.

Sejarah memang telah berlalu tapi saat ini NU akan melewati sejarah ke arah masa depan. Dalam menyongsong 1 abad NU tentu kita terus berbenah. Organisasi besar ini pastinya akan mengalami gejolak serta pasang surut kepemimpinan. Suksesi kepemimpinan di tubuh NU tentu telah berlangsung lama sejak ketua pertama KH Hasan Gippo hingga KH Said Aqil Siradj semua telah membawa roda organisasi sesuai dengan zamannya.

Refleksi kita saat ini adalah bertanya seperti yang disampaikan peneliti LIPI Amin Mudzakir bahwa setelah usia 95 atau bahkan di 100 tahunya NU mau apa. Pertanyaan ini penting disuguhkan karena memang selama ini peran strategis NU sedang dipertanyakan. NU sebagai organisasi besar tentu punya pengaruh besar pula terutama bagi kalangan pemerintah dan akar rumput. Saya rasa jika soal komitmen kebangsaan NU tidak diragukan lagi sebab bangsa ini adalah rumah di mana hampir mayoritas warga NU bernaung. Akan tetapi kekhawatiran jika semakin mayoritas maka superioritas akan jadi kekuatan dan di sinilah kekhawatirannya.

Di usia ke-95 tahun versi masehi ini tentu banyak hal yang harus dibenahi oleh NU. Ibarat rumah NU harus terus bersolek guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Rumah NU tidak boleh dibiarkan berdebu atau bahkan jemu dan berlalu. Kita boleh saja besar tapi jika kosong bak buih dilautan sama saja. Organisasi peninggalan ulama ini tentu harus dirawat dengan ilmu. Tanpa keilmuan dan kearifan maka organisasi tersebut justru berpotensi terseok-seok. Salah satu hal yang perlu dibenahi di tubuh NU adalah kaderisasi yang formalistik. Yaitu pengkaderan dengan tanpa memperhatikan kualitas. Jika hanya fokus dengan kuantitas diakhir justru hanya akan menjadi sandungan buat NU. Merawat orang dengan segala latar belakang itu tidak mudah dan perlu penanganan tepat.

Di satu sisi gairah intelektual anak muda NU tidak diragukan. Kini anak-anak muda NU terutama kalangan struktural telah mewarnai berbagai kajian, forum ilmiah, sosial, kebudayaan, politik hingga peran strategis lainya. Tak kalah pentingnya peran mereka ialah mengawal pergerakan digitalisasi yang masif. Kita tahu sejak lama NU selalu terstigma tradisional padahal perkembangan pemikiran NU telah melampaui zamanya salah satunya dengan moderatisasi Islam, pribusasi Islam hingga membuat platform digital sebagai jembatan menyesuaikan zaman. Catatan ke depannya ialah saat ini diperlukan kaderisasi sumber daya pesantren yang mampu mewarnai media sehingga peran ganda baik didunia maya maupun nyata bisa dikuasai dengan baik terutama di kalangan akar rumput.

Selanjutnya NU masih terus berjuang dalam berbagai hal di antaranya perjuangan melawan populisme, radikalisme, konservatisme beragama, sekulerisme dan liberalisasi ekonomi, politik bebas aktif, serta penguatan paham kebangsaan dan perjuangan merawat tradisi budaya. Pekerjaan rumah NU ke depannya semakin banyak dan pasti akan bertransformasi ke berbagai hal. Sehingga strategi, manuver, serta kaderisasi selayaknya sudah diperiapkan sejak dini. NU masih memiliki beban ganda sebagai pangemong sekaligus menjadi tumpuan bagi hampir 2 juta warga yang dinaungi organisasi ini.

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang bernafas agama tentu NU masih terus berjuang dalam membumikan ajaran ahlus sunnah wal jamaah. NU juga masih menjadi pilar atau tempat bernaungnya lembaga pendidikan tertua yaitu pesantren yang ke depannya akan berhadapan dengan arus digitalisasi yang masif. Mampukah NU mempertahankan rumahnya? tentu ini menjadi tugas bersama karena tanpa dorongan masyarakat sipil yang solid NU tidak akan menjadi apa-apa. Para pendiri telah mengamanatkan NU dan bangsa menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Jika di zaman Orba NU paling getol mengkritisi pemerintah karena memang pemerintahnya harus dilawan tapi saat ini kita membersamai pemerintah dalam menciptakan stabilitas, kesejahteraan masyarakat, keadilan, berbudaya, beradab dan toleransi antar sesama. Mari kita terus berkhidmah menebar Aswaja dan meneguhkan terus komitmen kebangsaan.

the woks institute l rumah peradaban 26/01/21





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Tidak Mencatat?

Woko Utoro Sudah berulang kali saya menemukan di mana mahasiswa jarang mencatat. Utamanya ketika presentasi makalah di ruang online catatan akan sangat sukar ditemui. Parahnya lagi fenomena itu merebak baik dalam presentasi di kelas maupun forum seminasi ilmiah. Presentasi di ruang online tak ubahnya radio butut, tak didengarkan dan dibiarkan berlalu. Saya berhusnudzon jika catatan mahasiswa beralih dari buku ke note digital dalam gawai. Tapi apakah hal itu bisa dipercaya? tentu saya meragukannya. Beberapa kali saya tidak menjumpai jika mahasiswa mencatat apa yang seharusnya mereka butuhkan. Selama ini kita bisa mengamati bahwa catatan sudah tidak dianggap penting. Akibatnya selain tidak membaca mahasiswa juga minim mencatat dan lengkaplah sudah ketertinggalan kita soal pengetahuan. Saya menduga dan semoga saja ini tidak benar. Mengapa mahasiswa tidak mencatat padahal hampir seluruh kegiatan dan pelaporan dalam tugas kuliah selalu berkaitan erat dengan dunia tulis menulis. Tapi faktany

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Catatan Makrab bersama Mahasiswa Jabo

Bang Woks* Suatu saat di sesi wawancara TV, Bang Mandra pernah ditanya satu kata untuk mewakili orang Betawi. Beliau menjawab, orang Betawi itu "ceplas-ceplos". Apa yang dikatakan Bang Mandra sebagai salah seorang seniman Betawi tentu benar adanya. Hal itu pula yang saya temui ketika hadir di acara Makrab Komunitas Mahasiswa Jabodetabek. Komunitas Mahasiswa Jabodetabek atau biasa disebut Mahasiswa Jabo didirikan sekitar tahun 2018. Di antara orang-orang sepuh yang saya kenal yaitu Bang Heru, Depta, Luthfian, Qoni dan Ohang. Merekalah yang dalam pandangan sempit saya beberapa menjadi pionir atas berdirinya komunitas tersebut. Mereka menyebut perkumpulan tersebut dengan frasa "Persodaraan". Sebuah frasa yang khas Betawi banget. Memang jika kita dengar misalnya "ettdah, buju busyet, suwe banget lu, tong mau kemane, nyak babe pergi dulu, ncing bayar dulu gopek, gue mau ke Rawa Bebek, sombong amat lu, emang banda ngkong lu, udah gile lu ya, muke lu kayak salak Conde