Langsung ke konten utama

Untuk Seorang Kawan

         (Makam Kawanku Esa Prayogi A)

Woks

Kawan, tadi aku mengunjungi pusaramu. Aku datang sejenak dan akan pergi lagi. Maafkan, aku tak membawa banyak hal seperti kebanyakan orang selain setangkai fatihah buatmu. 

Kawan, aku masih ingat bahkan sangat segar diingatan saat pertama kita berjumpa. Sedangkan engkau sudah dipenuhi segala bully dan caci maki. Tapi saat itu pula aku mengenal diriku sendiri sebagai manusia yang penuh kealpaan.

Kawan, mungkin saat ini engkau telah lebih dulu bersua Allah dan Kanjeng Nabi Muhammad saw. Engkau telah melewati masa sulit hidup di dunia yang penuh kefanaan ini. Sedang diriku di sini masih berjuang mengikis kejahiliyahan.

Kawan, sudah berapa lama kita tak berjumpa. Atau sudah berapa hal baik yang telah kita lewati bersama. Sesekali aku mengenang saat pertemuan akhir kita diacara reuni kecil itu.

Kawan, aku mengenangmu sebagai pribadi baik yang meninggalkan arti kepasrahan, pantang menyerah, menyukai shalawat dan mencintai mesjid.

Kawan, doakan terus semoga aku bisa melewati segala rintangan di dunia ini. Semoga aku bisa mengikuti jejak langkah Nabi Muhammad sesuai apa yang kau katakan dulu. Bahwa kita harus bisa brayan urip karo sapa bae.

Kawan, di sana bagaimana rasa dan apa yang kau alami. Beri tahu aku tentang apa yang kau temui. Sesekalilah hadir ke mimpiku agar aku bisa mempersiapkan perbekalan hidup di sana. Aku sadar bahwa sebanyak apapun kebaikan dan amal tak akan ada artinya jika dibandingkan dengan keridhoan Gusti Allah SWT.

Kawan, waktu kita memang teramat singkat. Tapi semoga pertemuan ini bisa terus membuat kita sambung. Aku meyakini bahwa antara dunia dan barzakh tak jauh berbeda atau lebih tepatnya beda tipis.

Kawan, jika esok aku tak mengunjungimu yakinlah doa-doaku selalu menyelinap lewat dimensi manapun. Kawan, semoga kita bersua lagi, cerita lagi dan semoga pertemanan kita abadi. Al Fatihah

Harco, awal Januari 2021





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Tidak Mencatat?

Woko Utoro Sudah berulang kali saya menemukan di mana mahasiswa jarang mencatat. Utamanya ketika presentasi makalah di ruang online catatan akan sangat sukar ditemui. Parahnya lagi fenomena itu merebak baik dalam presentasi di kelas maupun forum seminasi ilmiah. Presentasi di ruang online tak ubahnya radio butut, tak didengarkan dan dibiarkan berlalu. Saya berhusnudzon jika catatan mahasiswa beralih dari buku ke note digital dalam gawai. Tapi apakah hal itu bisa dipercaya? tentu saya meragukannya. Beberapa kali saya tidak menjumpai jika mahasiswa mencatat apa yang seharusnya mereka butuhkan. Selama ini kita bisa mengamati bahwa catatan sudah tidak dianggap penting. Akibatnya selain tidak membaca mahasiswa juga minim mencatat dan lengkaplah sudah ketertinggalan kita soal pengetahuan. Saya menduga dan semoga saja ini tidak benar. Mengapa mahasiswa tidak mencatat padahal hampir seluruh kegiatan dan pelaporan dalam tugas kuliah selalu berkaitan erat dengan dunia tulis menulis. Tapi faktany

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Catatan Makrab bersama Mahasiswa Jabo

Bang Woks* Suatu saat di sesi wawancara TV, Bang Mandra pernah ditanya satu kata untuk mewakili orang Betawi. Beliau menjawab, orang Betawi itu "ceplas-ceplos". Apa yang dikatakan Bang Mandra sebagai salah seorang seniman Betawi tentu benar adanya. Hal itu pula yang saya temui ketika hadir di acara Makrab Komunitas Mahasiswa Jabodetabek. Komunitas Mahasiswa Jabodetabek atau biasa disebut Mahasiswa Jabo didirikan sekitar tahun 2018. Di antara orang-orang sepuh yang saya kenal yaitu Bang Heru, Depta, Luthfian, Qoni dan Ohang. Merekalah yang dalam pandangan sempit saya beberapa menjadi pionir atas berdirinya komunitas tersebut. Mereka menyebut perkumpulan tersebut dengan frasa "Persodaraan". Sebuah frasa yang khas Betawi banget. Memang jika kita dengar misalnya "ettdah, buju busyet, suwe banget lu, tong mau kemane, nyak babe pergi dulu, ncing bayar dulu gopek, gue mau ke Rawa Bebek, sombong amat lu, emang banda ngkong lu, udah gile lu ya, muke lu kayak salak Conde