Woks
24 Februari kemarin tepat 67 tahun usia IPNU berkiprah sebagai organisasi pelajar di bawah payung Nahdlatul Ulama. Organisasi yang lahir di Semarang itu kini masih eksis sebagai roda yang membawa pelajar untuk terus belajar dalam beratnya perjuangan. Tantangan demi tantangan zaman telah dilalui organisasi yang didirikan oleh Prof KH Tholhah Mansyur tersebut dan saat ini para pelajar sedang berkutat dengan keadaan digitalisasi yang masif. Jika kita amati 67 tahun tentu bukan usia yang muda untuk sebuah organisasi pelajar. Akan tetapi IPNU membuktikan pasca kemerdekaan Indonesia mereka masih berdiri kokoh bahkan masih akan terus membesar.
Di acara harlah tahun 2021 ini IPNU menggagas tema yang sangat relevan dengan keadaan zaman yaitu "Transformasi Pelajar Untuk Peradaban Bangsa". Tema tersebut menarik untuk ditelisik lebih jauh karena mau tidak mau organisasi ini minimal mampu mewarnai zaman. Bahkan mempertahankan konteks peninggalan zaman dulu yang masih baik adalah tantangan tersendiri. IPNU di bawah komando sahabat Aswandi Jaelani tentu akan terus berlari hingga 2022 bahkan bisa terus berlanjut.
Keadaan bangsa yang kian hari penuh tantangan dan kecemasan itu tentu perlu pemikiran dan tindakan yang cemerlang guna ikut memecahkan masalah. Tidak hanya dengan adanya teknologi yang mengkhawatirkan kita juga masih tengah berjuang melawan pandemi. Keadaan yang telah mematikan sebagian aktivitas pembelajaran tersebut tentu sangat berdampak bagi jutaan anak Indonesia yang mengenyam pendidikan formal.
IPNU didorong untuk terus berkreasi dan berinovasi bagaimana cara agar pendidikan bisa selaras dengan pandemi. Tidak lupa pula untuk terus memperkaya diri dan wawasan melalui seminasi, pendidikan tinggi, public speaking, budaya literasi, kontribusi di tengah pandemi, penguatan akidah aswaja, penguatan kepesantrenan, tradisi budaya dan kebangsaan. Seminasi bisa diperoleh dengan mudah karena saat ini ilmu tersebut bisa diakses dengan mudah melalui berbagai platform media online. Tinggal aktifkan paketan, siapkan waktu, sekali klik kita bisa mengikuti kajian sesuai pilihan. Selain itu mengerti tentang jenjang perguruan tinggi juga sangat penting karena pelajar NU harus mampu bersaing dalam meningkatkan kualitas diri lewat perguruan tinggi. Selain itu berbagai skill dan penguatan budaya literasi masih harus terus ditingkatkan karena dewasa ini tantangan kita bukan melawan musuh bersenjata melainkan melawan musuh di media maya. Setidaknya literasi dasar berupa penguatan baca tulis, perpustakaan, numerasi, ekonomi dan digital harus sudah dikuasai.
Seiring berjalanya waktu kegiatan besar seperti konsolidasi organisasi, penguatan kaderisasi, pengembangan inovasi, ketahanan informasi dan pemantapan ideologi juga harus diimbangi dengan pemahaman yang kuat antar anggota. Sehingga antara pengurus di masing-masing jenjang wilayahnya bisa mengerti seutuhnya bahwa IPNU sejak dulu ingin mewujudkan trilogi organisasi belajar berjuang dan bertaqwa. Sinkronisasi tersebut tentu harus selaras dengan komando bersama sekitar 5,6 juta anggota yang berbasis kepelajaran itu.
Secara sempit yang saya amati baik IPNU maupun IPPNU selama ini selain enjoy di bidang kaderisasi kalangan akar rumput tanpa disadari di sisi yang lain masih terjadi kelemahan. Sebagai wadah organisasi dari pusat hingga ranting IPNU masih berada di level zona nyaman khususnya di tingkat terbawah dalam struktur organisasi. Mereka masih di tataran pengembangan (amaliyah) berupa rutinan yang bersifat tradisi dan keagamaan dan bagaimana caranya mengabdikan diri kepada masyarakat (khidmah). Selama ini saya amati mereka masih belum secara intensif terjun ke bidang kajian (ilmiah). Bagian ketiga inilah yang justru menjadi tantangan ke depan guna mewujudkan cita-cita di tema harlah kali ini. Maka dari itu pada poin ketiga inilah IPNU harus bertransformasi guna melahirkan kader yang mampu berkontribusi, menjaga marwah organisasi, menguatkan militansi dan komitmen kebangsaan.
the woks institute l rumah peradaban 25/2/21
Komentar
Posting Komentar