Langsung ke konten utama

Kuliah Bersama Prof Mujamil Qomar Edisi Pengilmuan Islam




Woks

Pada perkuliahan bersama Prof Mujamil kali ini saya harus mencatat ilmu yang didapat selama 2 jam tersebut. Pasalnya perkuliahan kali ini berbeda dengan sebelumnya yang memang banyak faktor. Menariknya perkuliahan kali ini adalah karena tema, penyampaian, pengetahuan baru dan pastinya sinyal sangat mendukung. Berbeda dengan sebelumnya yaitu banyak kendala seperti susah sinyal yang utama hingga menyebabkan suara tidak terdengar jelas padahal temanya sangat menarik yaitu Islamisasi ilmu.

Salah satu motivasi utama teman-teman jika kuliah bersama Prof Mujamil adalah bertujuan agar beliau tertawa atau minimal tersenyum. Karena kita tahu bahwa guru besar yang satu ini terkenal sangat sulit untuk dibuat tertawa sebab keseriusan beliau dalam menjelaskan ilmu. Akan tetapi pada akhirnya kita bisa menaklukkan beliau.

Pada perkuliahan pertama beliau berkomentar tentang kondisi kelas yang tidak aktif dan miskin pertanyaan. Wajar saja memang karena masyarakat kita sudah mentradisikan monolog dalam aktivitas sosialnya. Misalnya dalam acara pengajian atau seminar kita hanya membiarkan narasumber menjadi titik pusat dan audiens tidak berfungsi apa-apa kecuali pendengar. Maka dari sanalah salah satu mengapa output mahasiswa kita menjadi tidak kritis.

Kedua, beliau menjelaskan bahwa soal pengilmuan Islam ini pasti akan bersinggungan dengan Kuntowijoyo dengan teori sosial profetiknya. Prof Mujamil tidak sependapat dengan Muslim Abdurrahman yang menggunaan teologi sebagai dasar berpijak awal dalam keilmuan tersebut. Karena bagi beliau terutama di Islam persoalan teologi telah usai misalnya sejak kecil anak-anak diajari sifat-sifat ketuhanan. Tidak hanya itu kaidah teologi pertama kali diperkenalkan dalam tradisi Kristiani. Bahkan terkesan kontradiksi karena persoalan dasar ketuhanan misalnya bagaimana merasionalkan trinitas itu saja belum usai.

Prof Mujamil lebih setuju pendapat Kuntowijoyo dengan ilmu-ilmu sosial profetiknya. Karena ilmu-ilmu sosial profetik tidak melalu terpaku pada 4 sifat wajib bagi nabi akan tetapi bisa lebih dari itu dan disesuaikan dengan konteksnya. Kata Prof Mujamil, Kuntowijoyo memperkenalkan teorinya itu berdasarkan 3 pisau bedah yaitu humanisasi, liberalisasi dan transendensi. Pandangan Kuntowijoyo tersebut berdasarkan pada firman Allah Surat Ali ‘Imran Ayat 110.

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ 

Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Kemanusiaan atau humanisasi disandarkan pada كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ. Sedangkan تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ dipararelkan dengan liberalisasi atau upaya pembebasan dari keterbelengguan, kemiskinan, kebodohan dll. وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ menjadi nilai transendensi yang merupakan tujuan utama ilmu itu sendiri.

Menurut Prof Mujamil Islamisasi pengetahuan dan pengilmuan Islam itu berbeda. Pengilmuan Islam lebih bersifat pro aktif, tidak usah nunggu stimulus ada atau tidak tetap terus jalan proses keilmuan tersebut. Sedangkan Islamisasi pengetahuan sifatnya reaktif, ada stimulus. Maka sejatinya pengilmuan Islam adalah kreasi Islam itu sendiri. Mengapa pula harus ada Islamisasi pengetahuan karena pengetahuan awalnya kafir sehingga harus disyahadatkan kembali. Hal itu di latar belakangi oleh keilmuan yang bercorak sekuler.

Salah satu hal menarik soal pengilmuan Islam ini adalah ketika Kuntowijoyo melontarkan gagasan ilmu-ilmu sosial profetik. Di mana oleh sebagian kalangan hal itu merupakan sepotong daging yang oleh Kuntowijoyo di manfaatkan demi proyek akademik. Padahal tuduhan itu tidak benar dan Kuntowijoyo tidak sependapat jika hal itu dituduhkan padanya. Bagi Kuntowijoyo justru Islamisasi pengetahuan lah yang awalnya justru harus dimengerti sebagai alternatif atau hanya sekadar ingin mengubah wajah Islam itu sendiri. Jadi tidak semua hal harus diislamisasikan. Ada batas tertentu yang perlu diperhatikan oleh kalangan akademisi bahwa pengetahuan dan Islam sesungguhnya merupakan satu kesatuan utuh. Cuma sayangnya Barat membuat dikotomi seolah-olah agama dan ilmu adalah musuh.

Prof Mujamil di sesi akhir perkuliahan justru memberikan refleksi kepada mahasiswa bahwa kita harus berpikir metodologis. Misalnya dalam hal fikih di Indonesia seharusnya seperti halnya Gus Dur, Cak Nur, Buya Syafi'i, Azyumardi Azra memandang perlu adanya fikih keindonesiaan. Tujuannya sederhana agar fikih tidak melangit dan bisa dipahami sebagai konteknya. Hal ini pula telah digagas lewat pemikiran KH. MA. Sahal Mahfudz melalui nuansa fikih sosialnya.

Menurut Prof Mujamil fikih kita masih bercorak fikih hijazi (Makah Madinah), fikih misri (Mesir), fikih iraqi (Iraq) dan fikih hindi (India). Hal itu pula didasari oleh banyaknya penggunaan kitab fikih sebagai rujukan yang berasal dari ulama-ulama wilayah non-Indonesia tersebut. Prof Mujamil menjelaskan misalnya mengapa zakat pertanian hanya disebut kurma, gandum dan anggur hal ini didasarkan pada konteks turunnya yaitu di Arab sedangkan di Indonesia tidak ada. Maka sejak itu ulama langsung mengqiyaskan jika tidak ada buah yang di maksud itu akhirnya makanan pokok suatu tempat itulah menjadi penggantinya misalnya di Indonesia berarti padi, jagung, ketela, sagu.

Beliau juga bercerita bahwa dulu di Arab strata ekonomi tertinggi adalah petani bukan pedagang. Dulu di Arab untuk bertani harus mereka yang kaya karena faktor pengairan yang sulit sedangkan pedagang berada di bawahnya. Di Indonesia justru terbalik petani berada di bawah pedagang atau pengusaha. Maka dari itu perlu ada pertimbangkan terkait fikih misalnya apakah zakat di antara keduanya lebih tinggi petani dari pada pedagang. Seharusnya jika ditarik ke konteks Indonesia petanilah yang seharusnya zakatnya lebih sedikit karena di sini petani justru strata ekonomi nya berada di bawah pedagang. Tapi jika hal itu masih kita lakukan berarti fikih kita masih merujuk kepada fikih hijazi. Di sinilah perlunya kita merenung sebagai orang yang terus bergelut dalam ilmu pengetahuan.[]

the woks institute l rumah peradaban 13/6/22



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Tidak Mencatat?

Woko Utoro Sudah berulang kali saya menemukan di mana mahasiswa jarang mencatat. Utamanya ketika presentasi makalah di ruang online catatan akan sangat sukar ditemui. Parahnya lagi fenomena itu merebak baik dalam presentasi di kelas maupun forum seminasi ilmiah. Presentasi di ruang online tak ubahnya radio butut, tak didengarkan dan dibiarkan berlalu. Saya berhusnudzon jika catatan mahasiswa beralih dari buku ke note digital dalam gawai. Tapi apakah hal itu bisa dipercaya? tentu saya meragukannya. Beberapa kali saya tidak menjumpai jika mahasiswa mencatat apa yang seharusnya mereka butuhkan. Selama ini kita bisa mengamati bahwa catatan sudah tidak dianggap penting. Akibatnya selain tidak membaca mahasiswa juga minim mencatat dan lengkaplah sudah ketertinggalan kita soal pengetahuan. Saya menduga dan semoga saja ini tidak benar. Mengapa mahasiswa tidak mencatat padahal hampir seluruh kegiatan dan pelaporan dalam tugas kuliah selalu berkaitan erat dengan dunia tulis menulis. Tapi faktany

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Catatan Makrab bersama Mahasiswa Jabo

Bang Woks* Suatu saat di sesi wawancara TV, Bang Mandra pernah ditanya satu kata untuk mewakili orang Betawi. Beliau menjawab, orang Betawi itu "ceplas-ceplos". Apa yang dikatakan Bang Mandra sebagai salah seorang seniman Betawi tentu benar adanya. Hal itu pula yang saya temui ketika hadir di acara Makrab Komunitas Mahasiswa Jabodetabek. Komunitas Mahasiswa Jabodetabek atau biasa disebut Mahasiswa Jabo didirikan sekitar tahun 2018. Di antara orang-orang sepuh yang saya kenal yaitu Bang Heru, Depta, Luthfian, Qoni dan Ohang. Merekalah yang dalam pandangan sempit saya beberapa menjadi pionir atas berdirinya komunitas tersebut. Mereka menyebut perkumpulan tersebut dengan frasa "Persodaraan". Sebuah frasa yang khas Betawi banget. Memang jika kita dengar misalnya "ettdah, buju busyet, suwe banget lu, tong mau kemane, nyak babe pergi dulu, ncing bayar dulu gopek, gue mau ke Rawa Bebek, sombong amat lu, emang banda ngkong lu, udah gile lu ya, muke lu kayak salak Conde