WoksTantangan TPQ dalam Arus Teknologi dan Pandemi
Sejak revolusi industri bergulir dunia mengalami banyak perubahan. Semua hal yang dulu dikerjakan oleh tenaga manusia kini berganti dengan mesin. Dunia seketika berubah termasuk dunia pendidikan yang semula konvensional kini dikelola harus dengan modernitas melibatkan perangkat teknologi. Singkatnya kini di ujung abad 20 akan lebih banyak sektor yang terseok-seok akibat perubahan teknologi lebih lagi terpukul karena pandemi.
Sekolah sampai detik ini belum bisa masuk tatap muka secara full. Maka melihat keadaan demikian tentu cukup memprihatinkan. Sebagai komponen bangsa tentu merasa cemas dengan keadaan ini yang kian hari terus berlarut-larut. TPQ misalnya yang dulu sebagai alternatif pendidikan dasar Qur'an kini juga ikut kena imbasnya. Anak dan orang tua jadi punya ketakutan kolektif. Sehingga jangankan ingin memasukkan anak ke TPQ untuk sekadar ke luar rumah pun merasa takut.
Dampak dari pandemi memang luar biasa. Karenanya satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah bekerja, beraktivitas dengan bantuan teknologi. Sayangnya sampai hari ini teknologi belum sepenuhnya efektif sebagai mitra kerja manusia utamanya di sektor pendidikan. Dulu orang menimba ilmu akan memperhatikan syarat-syarat mencari ilmu kini semakin lama justru semakin terkikis. Orang-orang semakin lupa bahwa ilmu itu tergadai sedangkan cara untuk melunasinya ialah dengan akad pasrah, biaya dan kerelaan hati.
Masalah-masalah yang bersifat etika tidak bisa dicontohkan lewat teknologi. Alih-alih demikian justru malah timbul polemik anak-anak lebih patuh cuma karena gadget lebih menarik ketimbang laku hidup unggah-ungguh. Syaratnya mencari ilmu seperti dalam kitab Ta'lim Muta'alim: ألالا تَنالَ العِلمَ إِلّا بِسِتَّةٍ سَأُنبيكَ عَن تَفصيلِها بِبَيانِ ذَكاءٌ وَحِرصٌ وَاِجتِهادٌ وَبُلغَةٌ وَصُحبَةُ أُستاذٍ وَطولُ زَمانِ seharusnya dipegang teguh. Lebih lagi di era ini utamanya orang tua harus mengerti bahwa pendidikan dilakukan tidak secara cuma-cuma, sekarep dewe. Ada etika yang berlaku sejak di awal menitipkan anak hingga proses kelulusannya.
Keberhasilan pendidikan memang memerlukan kerja ekstra yaitu kerjasama, dukungan antara anak, ortu dan guru. Selain doa tentu orang tua juga harus memperhatikan hubungan mereka dengan guru tempat anak dititipkan. Jangan dikira TPQ sebagai tempat mengaji Qur'an dasar tidak memberlakukan etika moral atau dalam bahasa pondok adalah akhlak. Justru di tingkat terbawah itulah orang tua seharusnya lebih perhatian karena pendidikan dasar adalah modal untuk bersaing, bertahan ke tahap selanjutnya.
Realitas pendidikan saat ini tentu adalah dihadapan dengan teknologi sebagai tantangan utama. Era medsos juga menjadi tantangan guru dan siswa. Yang perlu di underline adalah akhlak mulia sebagai nilai luhur manusia harus terus ditanamkan walau dalam keadaan apapun. Baik di TPQ maupun pondok pesantren tentu menyemai akhlak di era teknologi seperti saat ini adalah tantangan yang tidak mudah. Jika ditarik lewat latar belakang sejarah keilmuan pesantren tentu kita tak kalah karena keberhasilannya sudah terbukti nyata.
Akan tetapi karena era medsos banyak serangkaian informasi yang mengalir deras orang tua masih menganggap TPQ dan pesantren tidak menjadi alasan utama. Mereka masih memilih pendidikan modern dengan alasan lebih rasional. Padahal pendidikan TPQ adalah tradisional, rasional dan nasionalis. Sejak dulu TPQ tidak merubah cara pengajarannya bukan karena tak mampu berinovasi justru itu adalah cara mempertahankan metode yang telah berhasil mendidik kader-kader mudanya.
Ajakan anak tentang pendidikan Qur'an tentu terus digalakkan. Karena dewasa ini umat Islam sendiri perlahan-lahan justru semakin jauh dengan kitab sucinya. Belajar al Qur'an di TPQ tidak melulu finish di membaca justru harus lebih dari itu. Jika hanya sekadar membaca pastinya esok akan lupa. Akan tetapi jika sudah ditahap pengamalan tentu efeknya adalah kebaikan yang terus mengalir.
the woks institute l rumah peradaban 5/7/21
Mantab, karena Al Quran itu juga perlu dikaji lebih dalam dengan berdampingan kehidupan nyata.
BalasHapus