Langsung ke konten utama

Sumpah Pemuda dan Semangat Maulid Nabi SAW


Woks

Bulan Oktober tahun ini benar-benar sibuk dalam arus aktivitas peringatan hari-hari besar kita. Hari-hari tersebut dimulai dengan tanggal 1 diperingati sebagai kesaktian Pancasila, tanggal 5 lahirnya TNI, 10 kesehatan mental dunia, tanggal 22 hari santri dan hari ini 28 merupakan sumpah pemuda ditambah lagi bulan maulid menanti kita dalam penanggalan Hijriyah. Lengkaplah sudah momentum tersebut sebagai sarana kita belajar. Sebab dalam rangkaian momentum itu banyak sejarah dan inspirasi yang dapat kita petik hikmahnya.

Kita mulai dengan sumpah pemuda sebagai tonggak sejarah di mana bangsa kita bisa merebut kemerdekaan. Tidak bisa dibayangkan jika tonggak sejarah ini tidak terjadi mungkin kemerdekaan bangsa kita tak terlahir. Tidak hanya itu melalui sumpah pemudalah kita sampai hari ini dipersatukan melalui bahasa Indonesia. Jika tidak ada bahasa Nasional itu bisa dibayangkan kita akan terus berseteru secara rasial untuk merebutkan siapa bahasanya yang cocok untuk bangsa ini. Tapi inilah sejarah terbukti bahwa Tuhan punya caranya sendiri untuk mempersatukan bangsa-bangsa.

Bicara pemuda memang tak akan ada habisnya. Pemuda adalah fase di mana transisi antara remaja dan dewasa. Fase itu benar sedang berapi-api juga diibaratkan sebagai sungai dengan arus airnya yang deras. Tidak bisa dibendung dan di arahkan. Mereka punya semangat tinggi yang tentunya perlu disatukan sebab harga termahal dari pemuda kata Soe Hoek Gie adalah idealismenya. Selain itu ciri khas pemuda adalah keberanian. Maka dari itu agar tidak disebut tidak punya keberanian dan seperti binatang ternak kata Pram kita harus belajar sejak dini.

Saat ini kita belajar di bulan Oktober dengan serangkaian momentum ganda seperti sumpah pemuda dan maulid Nabi. Bagaimana momentum keduanya saling mengilhami di mana semangat dan jiwa muda merupakan senjatanya. Tanpa semangat muda rasanya medan juang terasa sepi. Dengan semangat kita telah banyak merekam sejarah apalagi jika membuka kembali Sirah Nabawiyah tentang Nabi Muhammad saw yang penuh uswah itu.

Semangat maulid Nabi itulah yang banyak mengilhami banyak sejarah di antaranya penaklukan Yerusalem oleh Shalahuddin al Ayyubi, penaklukan Konstantinopel oleh Muhammad al Fatih dan lainya. Mereka semua adalah orang yang jiwanya selalu muda. Al Fatih konon berusia 21 tahun saat menaklukkan Konstantinopel pada 20 Jumadil Awal 857 H bertepatan dengan 29 Mei 1453 M. Serta banyak lagi orang dengan jiwa muda yang bisa kita teladani termasuk perjuangan dalam belajar. Ambil contoh para imam madzhab empat seperti Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam Syafi'i dan Imam Hambali yang semangat belajarnya gigih bahkan diusia anak-anak mereka sudah hafal Al-Qur'an. Mumpung di usia muda kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya sebelum diri ini kecewa di makan usia.

Semangat maulid Nabi memang benar-benar rahmat bagi semesta alam. Semua orang gembira dan bahkan membawa arah gerak juang. Termasuk sumpah pemuda di mana para pemuda kita berkumpul untuk bersatu memiliki komitmen bersama demi kesatuan, persatuan, dan kemerdekaan. Walaupun saya sendiri belum tahu sumpah pemuda dalam sejarah bangsa kita terilhami dari peristiwa apa? Yang jelas persatuan karena kesetiaan itu pernah terjadi di zaman Nabi yaitu dalam peristiwa Baiat Aqobah dan Baiatur Ridwan.

Dari pemaparan sederhana itu kita membuka kembali sejarah bahwa maulid Nabi telah membawa inspirasi besar bagi kita. Termasuk tidak ada istilah terlambat dalam belajar. Kita tahu bahwa usia 40 tahun Kanjeng Nabi Muhammad saw baru menerima wahyu dari Allah swt. Hal itu pertanda bahwa belajar tidak ada batas waktunya. Selama jiwa muda masih membara pembelajaran adalah sepanjang hayat (long life education). Selamat memperingati sumpah pemuda, teruslah menjadi muda dan jangan mau mati sia-sia.
#Sholualannabi Muhammad saw

the woks institute l 28/10/20

Komentar

  1. Mantap. Korelasi antara Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi. Maaf sedikit koreksi, 'long life education' sepertinya lebih tepat🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mahasiswa Tidak Mencatat?

Woko Utoro Sudah berulang kali saya menemukan di mana mahasiswa jarang mencatat. Utamanya ketika presentasi makalah di ruang online catatan akan sangat sukar ditemui. Parahnya lagi fenomena itu merebak baik dalam presentasi di kelas maupun forum seminasi ilmiah. Presentasi di ruang online tak ubahnya radio butut, tak didengarkan dan dibiarkan berlalu. Saya berhusnudzon jika catatan mahasiswa beralih dari buku ke note digital dalam gawai. Tapi apakah hal itu bisa dipercaya? tentu saya meragukannya. Beberapa kali saya tidak menjumpai jika mahasiswa mencatat apa yang seharusnya mereka butuhkan. Selama ini kita bisa mengamati bahwa catatan sudah tidak dianggap penting. Akibatnya selain tidak membaca mahasiswa juga minim mencatat dan lengkaplah sudah ketertinggalan kita soal pengetahuan. Saya menduga dan semoga saja ini tidak benar. Mengapa mahasiswa tidak mencatat padahal hampir seluruh kegiatan dan pelaporan dalam tugas kuliah selalu berkaitan erat dengan dunia tulis menulis. Tapi faktany

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Catatan Makrab bersama Mahasiswa Jabo

Bang Woks* Suatu saat di sesi wawancara TV, Bang Mandra pernah ditanya satu kata untuk mewakili orang Betawi. Beliau menjawab, orang Betawi itu "ceplas-ceplos". Apa yang dikatakan Bang Mandra sebagai salah seorang seniman Betawi tentu benar adanya. Hal itu pula yang saya temui ketika hadir di acara Makrab Komunitas Mahasiswa Jabodetabek. Komunitas Mahasiswa Jabodetabek atau biasa disebut Mahasiswa Jabo didirikan sekitar tahun 2018. Di antara orang-orang sepuh yang saya kenal yaitu Bang Heru, Depta, Luthfian, Qoni dan Ohang. Merekalah yang dalam pandangan sempit saya beberapa menjadi pionir atas berdirinya komunitas tersebut. Mereka menyebut perkumpulan tersebut dengan frasa "Persodaraan". Sebuah frasa yang khas Betawi banget. Memang jika kita dengar misalnya "ettdah, buju busyet, suwe banget lu, tong mau kemane, nyak babe pergi dulu, ncing bayar dulu gopek, gue mau ke Rawa Bebek, sombong amat lu, emang banda ngkong lu, udah gile lu ya, muke lu kayak salak Conde