Woko Utoro
Kita pernah mogok di jalan dalam berkendara. Barangkali kisah mogok di jalan hampir tiap orang mengalaminya. Mungkin sudah tidak terhitung berapa jumlahnya. Yang jelas problem berkendara tidak akan jauh dengan kehabisan bensin, ban bocor, mesin rusak hingga kena tilang.
Dalam hal menulis juga hampir mirip seperti berkendara. Seorang penulis pasti memiliki pengalaman terkait mogok atau sering ditemui yaitu stug, mandeg jegrek, sampai absen lama tidak menulis. Faktor mengapa tidak menulis bisa saja malas mengantui, kesibukan, kehabisan ide, disorientasi hingga kehilangan motivasi. Kesemua faktor tersebut saya sebut sebagai kehabisan bensin atau bahan bakar. Lantas bagaimana dengan sakit?
Sakit itu sudah berbeda konteks. Nyatanya banyak orang sakit atau bahkan disabilitas masih sempat untuk menulis. Jadi benar banyak tutor menyebutkan bahwa menulis itu tidak ada alasan. Justru alasan utama menulis adalah soal pengelolaan baik waktu, motivasi maupun kemauan. Demikianlah menulis, satu dari sekian tradisi unik yang perlu dibangun lalu dirutinkan. Tanpa bangunan bacaan yang kokoh serta habituasi harian maka tulisan tak akan selesai. Bukankah Prof Ngainun Naim sering mengatakan bahwa, "Jika ingin menjadi penulis maka menulislah terus". Jika ingin menjadi penulis tak ada cara lain selain mencoba, memulai, belajar dan terus berlatih.
Menulis itu pekerjaan pembiasaan. Menulis itu bukan given atau hereditas yang diturunkan sejak lahir. Faktannya Cak Nur, Cak Nun hingga Prof Quraish Shihab putra-putrinya tidak meneruskan tradisi menulis dari orang tuanya. Ibarat motor mereka melaju sesuai minatnya tersendiri. Bicara minat jika menulis sudah membudaya terlebih menjadi passion pasti tradisi tersebut akan terus digeluti. Seberapapun sibuknya seorang maniak menulis akan menyempatkan waktu di kesunyian. Mereka akan tetap menulis sekalipun waktu tidak berpihak, meminjam istilah Mr Emcho "Sopo Ora Sibuk".
Kembali ke topik berkendara dan menulis. Biasanya orang yang sudah menjadikan menulis sebagai hobi pasti akan menyelesaikan tulisannya. Bagi yang hobi menulis tradisi ini akan menjadi bagian dari hiburan atau bahkan jalan hidup. Ibarat kendaraan, orang maniak motor akan selalu mempersiapkan diri. Ketika bepergian mereka akan mengecek oli, bensin, kanvas, ban, spion, helm hingga kelengkapan lain seperti surat-surat motor.
Penulis pun demikian. Seharusnya mereka rajin untuk terus belajar, berlatih, membiasakan diri membaca, berdiskusi hingga tampil mem-publish tulisannya. Motivasi, orientasi hingga spirit menulis harus terus dipupuk sejak dini. Dengan serangkaian proses tersebut merupakan cara agar penulis tidak kehabisan bensin. Perlu juga berjejaring dengan misalnya mengikuti kajian kepenulisan, seminar, pelatihan hingga berguru pada ahlinya. Semua hal yang telah disebutkan adalah bagian dari servis atau datang ke bengkel agar kita tahu di mana akar permasalahannya.
Selama ini ide atau inspirasi menulis menjadi problem utama penulis pemula. Padahal bicara ide atau inspirasi di era kekinian sangatlah terhampar bahkan tercecer di mana-mana. Asal kita mau saja semua bisa dipetik dengan sesuka hati. Kita bisa menulis dari hal paling sederhana seperti pengamatan, pengalaman, mendengar ceramah, sampai berselancar di dunia maya. Di era modern yang kaya pengetahuan kita tidak boleh miskin ide. Semua tinggal diakses dengan mudah digenggaman. Tinggal filtrasi dan sikap kritis itu saja yang perlu diasah.
Terakhir saat ini segala macam merk motor bertebaran menyesaki pasar kendaraan. Soal menulis pun sama bahkan dunia literasi sedemikian luasnya. Kita bisa berguru pada siapapun baik buku, atau tokoh. Semua sudah tersedia dan tinggal bertanya kapan akan memulai. Segala macam merk motor boleh saja bertebaran yang terpenting adalah bensinnya. Segala macam metode, resep atau buku menulis tersedia yang terpenting adalah sudahkah kita mencoba menulis. Karena memulai adalah kerja untuk mengikis angan-angan. Cek spido anda. Mari isi bensin.[]
the woks institute l rumah peradaban 20/9/23
Komentar
Posting Komentar