Langsung ke konten utama

Merindu Lagi




Woko Utoro

Selain cinta ada harta terpendam dalam batin berupa rindu. Kata rindu selalu disenandungkan dalam lagu atau disematkan lewat puisi. Padahal rindu itu gestur yang dapat dilihat dari kerlip bola mata atau dirasakan lewat aura.

Para perindu biasanya menunjukkan sikap teduh dan penghayatan mendalam pada segmen kehidupan. Mereka cenderung ingin berbagi kebahagiaan sekecil apapun. Karena bagi perindu pertemuan bukan tentang esok tapi tentang kemarin dan hari ini.

Bayangkan orang yang merindu kekasihnya tak pernah merasa sendiri sekalipun ditinggal pergi. Yang selalu jauh pun demikian selalu merasa dekat walaupun jarak memisahkan. Karena bagi perindu sendiri atau bersama itu sama saja. Sama-sama nikmat dan hangat. Bagi perindu jarak hanyalah angka alias ukuran sedangkan perasaan tak akan terukur.

Bicara rindu bicara hati. Bicara tentang muara dari segala perasaan. Maka ada pepatah dalamnya laut masih bisa diukur tapi dalamnya hati tak bisa diukur. Sehingga rasa rindu ibarat api selalu tak pernah padam. Api yang selalu menyala walaupun misalnya ditinggal sang altar. Api dan air bukannya musuh, mereka hanya menahan diri untuk tidak saling menghabisi.

Di akhir narasi ini apakah ada rindu yang habis. Apakah para perindu merasa lelah hanya karena pertemuan tak pernah terlaksana. Saya rasa tidak perasaan rindu sama halnya hujan kata Sapardi yaitu tabah dan disembunyikan di balik rintik rindu pada pohon berbunga itu. []

The Woks Institute rumah peradaban 7/9/24

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebudayaan Agraris Padi Digantung di Rumah

Woks Kebudayaan kita memang kaya baik budaya yang lahir dari peradaban pesisir, sungai ataupun petani. Kebudayaan agraris utamanya di Jawa dan Bali pasti tidak akan melupakan sosok Dwi Sri sebagai jelmaan atau simbol kesuburan. Nama ini selalu menjadi tokoh utama apalagi ketika musim tanam dan panen tiba. Dalam berbagai sumber termasuk cerita yang berkembang, orang-orang Jawa khususnya sangat menghormati tokoh Dwi Sri sebagai aktor lahirnya padi yang menjadi makanan pokok sehari-hari. Ia juga dipercaya sebagai penunggu daerah gunung dan bumi begitu juga dengan Nyai Roro Kidul penguasa lautan. Salah satunya tradisi yang sering kita jumpai yaitu budaya menggantungkan padi di atas dapur, depan pintu rumah dan lumbung padi. Tradisi ini tentu sudah berkembang sejak lama. Entah apa motifnya yang jelas orang-orang tua dulu begitu menghormati dan tidak melupakan nilai-nilai kearifan yang ada di dalamnya. Dalam bahasa Sunda, padi dikenal dengan nama “paparelean’ karena kakek nenek sangat bingun

Mahasiswa Tidak Mencatat?

Woko Utoro Sudah berulang kali saya menemukan di mana mahasiswa jarang mencatat. Utamanya ketika presentasi makalah di ruang online catatan akan sangat sukar ditemui. Parahnya lagi fenomena itu merebak baik dalam presentasi di kelas maupun forum seminasi ilmiah. Presentasi di ruang online tak ubahnya radio butut, tak didengarkan dan dibiarkan berlalu. Saya berhusnudzon jika catatan mahasiswa beralih dari buku ke note digital dalam gawai. Tapi apakah hal itu bisa dipercaya? tentu saya meragukannya. Beberapa kali saya tidak menjumpai jika mahasiswa mencatat apa yang seharusnya mereka butuhkan. Selama ini kita bisa mengamati bahwa catatan sudah tidak dianggap penting. Akibatnya selain tidak membaca mahasiswa juga minim mencatat dan lengkaplah sudah ketertinggalan kita soal pengetahuan. Saya menduga dan semoga saja ini tidak benar. Mengapa mahasiswa tidak mencatat padahal hampir seluruh kegiatan dan pelaporan dalam tugas kuliah selalu berkaitan erat dengan dunia tulis menulis. Tapi faktany

Catatan Makrab bersama Mahasiswa Jabo

Bang Woks* Suatu saat di sesi wawancara TV, Bang Mandra pernah ditanya satu kata untuk mewakili orang Betawi. Beliau menjawab, orang Betawi itu "ceplas-ceplos". Apa yang dikatakan Bang Mandra sebagai salah seorang seniman Betawi tentu benar adanya. Hal itu pula yang saya temui ketika hadir di acara Makrab Komunitas Mahasiswa Jabodetabek. Komunitas Mahasiswa Jabodetabek atau biasa disebut Mahasiswa Jabo didirikan sekitar tahun 2018. Di antara orang-orang sepuh yang saya kenal yaitu Bang Heru, Depta, Luthfian, Qoni dan Ohang. Merekalah yang dalam pandangan sempit saya beberapa menjadi pionir atas berdirinya komunitas tersebut. Mereka menyebut perkumpulan tersebut dengan frasa "Persodaraan". Sebuah frasa yang khas Betawi banget. Memang jika kita dengar misalnya "ettdah, buju busyet, suwe banget lu, tong mau kemane, nyak babe pergi dulu, ncing bayar dulu gopek, gue mau ke Rawa Bebek, sombong amat lu, emang banda ngkong lu, udah gile lu ya, muke lu kayak salak Conde